hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

2 Agustus 2019, 18:59 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kamu senang berfoto dengan background yang instagramable? Nah, ada tempat baru yang cocok banget buat kamu nih. “Raven is Odd Art Exhibition” menawarkan pengalaman baru buat kamu saat berfoto. Enggak cuma dapat foto ciamik, kamu juga bisa memahami berjuta makna dari setiap instalasi seninya.

“Raven is Odd Art Exhibition” digelar Rachel Vennya di Mal Kuningan City, Jakarta Selatan. Ekshibisi ini merupakan representasi seni kontemporer yang interaktif. Pameran seni yang digelar di lantai 2 mall ini mengangkat tema seputar kehidupan yang marak terjadi dalam era urban saat ini, yaitu mental issues. Tema ini diangkat Rachel dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya isu kesehatan mental. “Di Indonesia banyak yang masih menganggap kesehatan mental itu tidak penting. Simpelnya seperti orang yang suka ngejek orang mencari perhatian, padahal belum tentu seperti itu. Makanya saya ingin lewat Raven is Odd ini, audience juga tahu bahwa kesehatan mental itu penting,” ucap Rachel saat konferensi pers, Kamis malam (01/08/2019).

Racher Vennya, inisiator pameran. (NET/ Halimah)

Dalam membangun proyek ekshibisi ini, Rachel Vennya dibantu oleh Yendryma sebagai art and visual director. Menurut Yendry, pengerjaan instalasi ini sudah dimulai dari bulan April 2019. Ia melakukan banyak riset dari berbagai sumber, seperti buku maupun diskusi dengan mereka yang ahli di bidang psikologi. Riset mendalam ini dilakukan agar bisa menerjemahkan konsep yang diinginkan Rachel ke dalam bentuk visual yang cocok.

Bukan hal mudah loh memvisualkan mental issue menjadi karya seni yang luar biasa. “Jujur kalau ditanya mana yang sulit, semua instalasi di sini sulit. Karena aku harus mewujudkan apa yang tidak pernah aku rasakan sebelumnya. Semuanya berdasarkan riset. Tapi yang paling challenging di produksi adalah split labirin yang terdiri dari cermin-cermin,” ujar Yendry.

“Raven is Odd Art Exhibition” dibuka sejak tanggal 2 Agustus 2019 hingga 29 September 2019. Totalnya ada 12 instalasi atau spot yang sudah bisa kamu gunakan untuk berfoto. Namun, di tanggal 17 Agustus 2019 nanti akan ada tambahan satu spot spesial . Spot ini spesial karena didesain oleh pemenang audisi yang diadakan oleh “Raven is Odd” sebelumnya.

Kamu bisa berkunjung ke “Raven is Odd Art Exhibition” dengan membayar tiket Rp100.000 per orang untuk kunjungan di hari kerja. Sementara untuk akhir pekan kamu harus membayar Rp130.000 per orang. Tiket bisa kamu beli di lokasi langsung.

Selain instalasi, tiap ruangan juga dilengkapi dengan sarana interaksi. (NET/ Halimah)

Bukan cuma instalasi seni kece yang akan ada di “Raven is Odd Art Exhibition”, kamu juga bisa mengikuti talkshow serta workshop mengenai kesehatan mental. “Raven is Odd” bekerja sama dengan beberapa komunitas yang akan dengan senang hati berbagi info mengenai mental issues buat kamu. Jadi selain dapat foto kece, kamu juga akan mendapat ilmu bermanfaat. Sedikit tips buat kamu yang mau berkunjung, harap perhatikan aturan yang berlaku. Termasuk tidak boleh menggunakan kamera profesional. Tapi tenang aja, kamu masih bisa mengambil foto dengan handphone maupun kamera mirrorless.

Ruang setiap instalasi tidak terlalu luas, jadi meskipun kamu ingin mengambil gambar kece, tetap harus memperhatikan langkah kaki ya. Jangan sampai terlalu konsentrasi mengambil gambar, kamu malah tidak sengaja merusak bagian instalasi.

Salah satu instalasi yang ada di pameran. (NET/ Halimah)
Salah satu instalasi yang ada di pameran. (NET/ Halimah)

Kamu penasaran dengan arti setiap instalasi? Tenang, ada petugas yang siap sedia menjelaskan filosofi setiap instalasi buat kamu. Setiap spot memang memiliki filosofi sendiri, namun kamu juga bisa mengekspresikan makna setiap spot sesuai dengan persepsi kamu. Yuk, kunjungi “Raven is Odd Art Exhibition”! Lalu bagikan pendapat kamu tentang makna mental issues yang kamu peroleh.

NET.Z HALIMAH TUSADIAH

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments