hero
(WLRN)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

23 Juli 2019, 19:24 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengklarifikasi terkait beredarnya informasi yang beredar bahwa anak komedian Nunung, Ananda alami perundungan di sekolahnya. Bahkan anak Nunung yang masih bersekolah di bangku sekolah dasar itu dikabarkan hingga pindah sekolah dari Jakarta ke Solo.

Komisioner KPAI, Retno Listyarti mengaku bahwa informasi awal yang sebelumnya sempat ia benarkan belum terkonfirmasi oleh pihak sekolah , karena saat itu masih libur.

“Pertama, pada hari Minggu saat itu, tidak mungkin kita konfirmasi atau klarifikasi. Saat itu ada wartawan media online yang sudah wawancara adik Ibu N,” jelas Retno, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). (ANTARA)

Namun, Retno melihat ada kejanggalan, kenapa baru beberapa hari setelah penangkapan Nunung, anaknya dikatakan sudah mengalmi stres. Ia beranggapan dugaan tersebut berlebihan.

“Dan saat itu kita tidak klarifikasi selain itu media tidak tahu sekolah anaknya di mana. Dengan berita tersebut harapannya ada klarifikasi”

Untuk itu, setelah mengadakan pertemuan dengan pihak sekolah, KPAI pastikan tidak ada bullying atau perundungan terhadap anak Nunung. Meski demikian, KPAI tetap akan berikan rekomendasi penanganan guna melindungi hak anak. Salah satunya memastikan pola asuh dan pendampingan selama kasus hukum orang tuanya berlangsung.

Senada dengan KPAI, pihak sekolah juga pastikan tidak akan ada bullying di lingkungan sekolah dasar yang terletak di kawasan Jakarta Selatan itu.

Sementara itu, Ananda pun masih jalani kegiatan belajar mengajar di Jakarta seperti biasa. Tidak pindah ke Solo, Jawa Tengah, seperti informasi yang sebelumnya beredar.

Bullying gak terbukti karena di hari Sabtu gak ada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dan juga hari Jumat pulang jam 10.00 WIB pagi. Jadi, kami klarifikasi yang telah memberitakan bahwa tidak ada KBM dan tidak ada pemindahan putri Bu N ke Solo,” jelas Kepala Sekolah, Syamsudin.

Selain itu, Syamsudin menambahkan, pihak sekolah akan mengikuti sesuai arahan KPAI, yakni akan melakukan home visit.  Dan tentunya akan berkoordinasi dengan KPAI agar Ananda dapat belajar dengan tenang.

Sebelumnya, Selasa pagi, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan dan perwakilan orang tua murid atau Korlas mendatangi KPAI di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Untuk mengklarifikasi adanya informasi bahwa anak Nunung, Ananda mengalami perundungan di sekolahnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup, kedua pihak pastikan akan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak. Agar terhindar dari anggapan negatif atas kasus komedian Nunung, sebagai upaya perlindungan anak.

MAYFREE SYARI

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments