hero
(NET)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

22 Juli 2019, 16:55 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mengkritik upaya pemberantasan narkoba oleh penegak hukum seperti pada penangkapan komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung. Anggota Ombudsman, Ninik Rahayu menilai penangkapan ala Nunung ini hanya akan menambah daftar panjang penghuni penjara yang sudah kelebihan kapasitas. Dan itu juga tak efektif tanpa rehabilitasi.

“Mereka dibatasi ruang geraknya di Lembaga Pemasyarakatan (LP) tetapi tidak dipastikan pemberian rehabilitasi. Maka ketika mereka keluar dari jeruji besi mereka kembali terjerumus pada hal yang sama,” ujar Ninik.

Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ninik pun mengingatkan soal pentingnya rehabilitasi yang justru tak didapatkan di LP. “Karena Lapas itu tidak memiliki kewenangan untuk memberikan rehabilitasi,” lanjut Ninik.

Ada tiga lembaga yang berwenang dalam melakukan rehabilitasi, yakni Badan Narkotika Nasional, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Sosial. Namun, menurut Ninik ketiganya sering kali tak sejalan.

Anak dari pelawak Nunung Srimulat, Bagus Permadi (kedua kiri) didampingi Ketua Gerakan Peduli Anti Narkoba (GPAN), Brigjen Pol Siswandi (kedua kanan), pelawak Tarzan (kiri) dan Tessy (kanan) memberikan keterangan pers terkait kasus narkoba pelawak Nunung di Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Pelawak Nunung Srimulat ditangkap tim dari Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada Jumat (19/7) karena kasus narkoba. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

“Mereka punya kendala selama ini dalam koordinasi. Standarnya pun berbeda-beda, termasuk berbayar dan tidak berbayar. Nah kalau ini di terus-menerus terjadi seperti ini maka implikasinya adalah Lapas over crowded, ada overload jumlahnya,” lanjut Ninik.

Jumat lalu, Nunung dan suaminya, July Jam Sambiran ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Narkoba Polda Metrojaya.

TITIN MUFTI JAKFAR | OSWALD NAINGGOLAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments