hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 Juli 2019, 20:45 WIB

INDONESIA

Dunia maya akhir-akhir ini diramaikan tagar #AgeChallenge. Banyak selebriti dan publik figur dunia yang mengikuti #AgeChallenge ini, di antaranya Agnez Mo, Dian Sastro, Ayana Moon, FT ISLAND, V BTS dan Peniel BTOB. Netizen tentunya enggak mau ketinggalan, nah wajah kamu versi tua bisa didapat menggunakan aplikasi FaceApp.

FT Island salah satu idol yang mencoba #AgeChallenge. (INSTAGRAM/@soow654)

FaceApp merupakan aplikasi editing foto yang dikeluarkan oleh perusahaan Rusia pada 14 Februari 2017. Hingga Juli 2019, aplikasi ini sudah di unduh oleh lebih 100 juta pengguna Android. FaceApp menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dalam mengedit foto kita. Selain mengubah wajah kamu sesuai umur yang diinginkan, aplikasi ini bisa mengubah warna rambut, menambahkan aksesori, hingga make up. Enggak cuma itu aplikasi ini juga bisa langsung mendeteksi jenis kelamin berdasarkan foto yang di upload. Jadi tampilan fiturnya akan menyesuaikan jenis kelamin yang terdeteksi.

kamu juga bisa mengubah warna dan model rambut. (FaceApp)

Dan, layaknya aplikasi editing foto lain, FaceApp juga menyediakan fitur standar seperti filter, background, overlay, dan adjustments. Hanya saja di FaceApp kamu lebih mudah mengedit background foto. FaceApp menyediakan 22 background foto gratis yang bisa kamu gunakan. Jadi kalau mau memiliki foto liburan di pantai atau pegunungan bersalju, bisa coba fitur ini.

Kamu enggak perlu crop foto kamu dulu baru ditempel dengan background seperti di aplikasi lain. Di FaceApp ini foto akan otomatis terpotong dengan rapi.Tinggal tempel background yang kamu inginkan, selesai.

Ok, anggap saja Jin BTS ini sedang liburan di New York. (FaceApp)

Selain itu, FaceApp juga menyediakan layout yang berbeda dari kebanyakan aplikasi serupa. Kamu bisa dengan memudah menyusun beberapa foto dengan beberapa efek berbeda dalam satu layouts. Bikin kamu mudah berkreasi.

FaceApp juga menawarkan kemudahan buat kamu yang ingin mengedit foto idola atau publik figur. Pilih saja menu ‘Celebs’, dan kamu bisa menemukan beragam publik figur di sana. Semua fotonya free untuk kamu edit. Tapi pastikan handphone kamu terkoneksi dengan internet.

Bisa cari foto selebriti favorit kamu juga di aplikasi ini.

Di balik kemudahan dan kreatifitas yang ditawarkan FaceApp, sempat ada segelintir ketakutan mengenai privasi di akun ini. Ada isu yang beredar bahwa aplikasi ini akan mengakses data handphone kamu, bahkan menjualnya tanpa izin. Isu ini berhembus cukup kencang sampai-sampai pada 18 Juli 2019 malam, aplikasi ini tidak bisa dibuka. Diduga ini karena FaceApp sedang memperbaiki sistem keamanannya. Terbukti begitu dibuka 19 Juli 2019 pagi, ketika log in kamu akan mendapat pemberitahuan persetujuan tentang keamanan.

Sebelum diproses, ada permintaan persetujuan dulu.

Melihat kekhawatiran ini, CEO FaceApp Yaroslav Goncharov pun memberikan pernyataannya. Lewat wawancaranya dengan The Washington Post, Yaroslav mengatakan bahwa data yang diakses FaceApp hanya sebatas foto yang diunggah saja. Bukan data ataupun foto yang ada di galeri kamu. Menurutnya, data itupun hanya akan tersimpan di server FaceApp selama 48 jam. Selain itu, kalau kamu memang merasa masih belum percaya dengan keamanannya, kamu bisa melaporkannya langsung. Di menu pengaturan, pilih ‘Report Bug and Send Logs’, lalu ketik ‘Privacy’ dan laporkan. Dengan demikian FaceApp akan menghapus data kamu.

Kamu bisa melaporkannya juga loh. 

Meskipun banyak pilihan, sayangnya enggak semua fitur bisa kamu akses dengan gratis. Ada beberapa pilihan fitur yang hanya bisa kamu akses dengan berlangganan Rp27.000 sampai Rp540.000. Tapi tenang, tanpa meng-update aplikasi ini menjadi FaceApp PRO sekalipun kamu masih bisa berkreasi dengan banyak fitur kok. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itu jangan lupa untuk tetap bijak menggunakan teknologi ya.

NET.Z | HALIMAH TUSADIAH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments