hero
(NET/ Iman)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Juli 2019, 17:35 WIB

BANTEN, INDONESIA

Setelah ramai diberitakan tinggal di samping WC sekolah, guru honorer Sekolah Dasar Negeri 3 Karyabuana, Nining Suryani (44) dan keluarga tak lama lagi bisa kembali memiliki rumah layak huni.

Rumah Nining akan kembali dibangun di tanah milik keluarganya yang hanya seluas 6x6 meter. Lokasinya berjarak sekitar 500 meter dari sekolah tempat Nining mengajar.

Namun, karena kebutuhan yang mendesak, pembangunan rumah tersebut belum bisa menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Pandeglang. Dana yang digunakan dari sumbangan sejumlah pihak, termasuk para pejabat Pemda Pandeglang.

Rumah Nining akan kembali dibangun di tanah milik keluarganya yang hanya seluas 6x6 meter, Pandeglang, Banten. (NET/ Iman)

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, alokasi anggaran untuk pembangunan rumah tidak layak huni pada tahun 2019 ini sudah penuh. Bantuan untuk perbaikan rumah keluarga Nining sebenarnya sudah masuk pada anggaran tahun 2020 mendatang.

Berdasarkan data Pemda Pandeglang, jumlah kepala keluarga (KK) yang menempati rumah tidak layak huni di Kabupaten Pandeglang yakni sekitar 125 ribu. Setiap tahunnya Pemda Pandeglang menargetkan perbaikan sebanyak 1.500 unit rumah.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Pandeglang, Banten, Rabu (17/7/2019). (NET/ Iman)

Namun Irna menyayangkan mengapa kasus Nining dan keluarga tidak dimasukan dalam skala prioritas untuk mendapatkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni. “Kami sempat marah ke pihak camat, mana yang skala prioritas harus didahulukan. Setiap kecamatan kami kasih kuota, harusnya kepala desa yang lebih tau mana yang lebih dahulu. Hal teknis gini kan bupati enggak selalu tahu. Camat dan kepala desa yang mengatur itu,” ungkap Irna, Pandeglang, Banten, Rabu (17/7/2019).

Meski mesrupakan hasil sumbangan, namun pelaksanaan pembangunan rumah akan tetap dikawal pihak sekolah dan desa. Pembangunan juga akan melibatkan masyarakat setempat.  

 

 IMAN SANTOSA 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments