hero
(NET/Dimas Arif Setiawan)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

17 Juli 2019, 15:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Unggahan foto di kabin pesawat Garuda Indonesia oleh pasangan youtuber, Rius Vernandes dan Elwiyana Monica berbuntut panjang. Polres Bandara Soekarno Hatta mengakui telah menerima pelaporan dari Garuda Indonesia. 

Seperti diketahui sebelumnya, kejadian bermula saat Rius dan Elwiyana terbang dengan maskapai Garuda. Di dalam penerbangan, pramugari pesawat menawarkan makanan namun kedua penumpang meminta daftar menu. Pada saat melihat daftar menu dan ternyata hanya berupa tulisan tangan, keduanya langsung memotretnya.

BACA JUGA:
Polisi Panggil Youtuber Rius Vernandes atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Menu dengan tulisan tangan yang diunggah oleh Rius Vernandes. (YOUTUBE @Rius Vernandes)

Polisi yang mendapat laporan dari pihak Garuda Indonesia dengan tudingan pencemaran nama baik, kini sedang mengumpulkan bukti dan memeriksa saksi-saksi. Sejauh ini baru empat saksi yang diperiksa. Sementara itu, dua orang penumpang sebagai terlapor sudah dilakukan pemangilan untuk diperiksa hari ini.

“Ya benar, kami sudah menerima laporan dari Garuda terkait ada penumpang dari Sidney- Denpasar dan Denpasar-Jakarta yang kemudian mengupload berita. Dan berita tersebut yang dilaporkan kepada kami. Laporannya tentang ITE,” kata Kapolres Kota Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol. Viktor Togi Tambunan. 

Rius Vernandes saat berada di dalam pesawat. (YOUTUBE @Rius Vernandes)

Viktor menambahkan pihaknya akan mendatangkan ahli untuk menentukan aspek pidana peristiwa tersebut. Atas kejadian ini pihak maskapai Garuda menghimbau para penumpang agar tidak melakukan swafoto di dalam kabin. Dua youtuber itu dilaporkan melanggar ketentuan yang terdapat di UU Informasi dan Transaksi Elektronik dan KUHP.

Pasal 27 ayat 3 UU ITE melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

DIMAS ARIF SETIAWAN

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments