hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

17 Juli 2019, 08:45 WIB

AMERIKA SERIKAT

Jalan-jalan, menjelajahi penjuru bumi kini menjadi bagian dari gaya hidup kekinian. Tak perlu jalan-jalan berbudget tinggi, jalan-jalan ala backpacker justru menjadi pilihan banyak orang. Keseruan melihat dan mengalami langsung perbedaan bahasa dan budaya di negeri orang, enggak terbayarkan dengan apapun.

Perbedaan bahasa, kadang menjadi kendala untuk para travellers, fitur Google Translate bisa menjadi penyelamat. Selain itu, traveller juga bisa menggunakan kamera telepon selulernya untuk menerjemahkan tulisan yang tertangkap kamera dengan fitur tersebut.

Tinggal arahkan lensa kamera ponsel kita ke arah objek yang memiliki teks berbahasa asing. Fitur ini mirip dengan 'real-time translation' yang dimiliki Google Lens. Dengan fitur kamera Google Translate, kita dapat menerjemahkan bahasa lain, meskipun ponsel kita tidak terhubung data seluler atau jaringan wifi.

Fitur dalam Google Translate. 


Fitur kamera Google Translate juga menambahkan dukungan untuk 60 bahasa lainnya, seperti bahasa Arab, India, Melayu, Thailand dan Vietnam. Total bahasa yang dapat kalian terjemahakan dengan kamera Google Translate ini menjadi 88 bahasa, termasuk bahasa Jawa, Sunda, dan Indonesia. Dengan begitu sekarang pengguna dapat menerjemahkan lebih dari 100 bahasa negara dari Google Translate. Ditambah lagi, ada fitur 'Detect language' yang akan secara otomatis mendeteksi bahasa asing dan menerjemahkannya.

Jangan lupa download dulu aplikasinya. (SHUTTERSTOCK)

Google juga telah membangun teknologi Neural Machine Translation (NMT) ke dalam fitur penerjemahan via kamera Google Translate. Dengan demikian, hasil terjemahan akan lebih akurat dan alami. Bahkan mengurangi tingkat kesalahan penerjemahan 55 - 58 persen pada bahasa tertentu.

Selain itu ada tiga fitur tampilan baru terjemahan kamera Google Translate, seperti “instant” yang akan langsung menerjemahkan teks asing ketika kalian mengarahkan kamera ke arah sana. “Scan” yang memungkinkan kalian mengambil foto dan menggunakan jari untuk menyorot teks tertentu yang ingin kalian terjemahkan. Dan “import” yang memungkinkan kalian menerjemahkan teks dari foto pada rol kamera.

Sebelum mencoba fitur terjemahan kamera ini, pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi Google Translate di Google Play Store dan App Store. Selamat mencobanya saat berlibur nanti, ya!

NET.Z | BANDHA PRASETYO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments