hero
(INSTAGRAM/ rius.vernandes)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

16 Juli 2019, 19:04 WIB

TANGERANG, INDONESIA

PT Garuda Indonesia melaporkan youtuber Rius Vernandes ke pihak kepolisian pada Sabtu 13 Juli 2019. Karena Rius telah mem-posting foto yang dinilai mengandung unsur pencemaran nama baik pihak Garuda Indonesia.

Dugaan pencemaran nama baik itu terjadi pada saat Rius Vernandes bersama pasangannya, Elwiyana Monica naik pesawat dengan nomor penerbangan GA 715-417, tujuan Sydney-Denpasar-Jakarta. Pada saat itu ia bermaksud untuk membuat konten Youtube dengan me-review fasilitas yang ada di kelas bisnis Garuda.

Namun, pada saat itu menu makanan yang diberikan pramugari hanya berbentuk selembar kertas bertulis tangan. Dengan alasan menu standar kelas bisnis Garuda Indonesia sedang dalam proses pencetakan.

Yang dipermasalahkan oleh pihak Garuda kepada Rius dikarenakan ia menyebarluaskan peristiwa itu melalui InstaStory di Instagramnya. Terkait dengan laporan tersebut, Pihak Polres Kota Bandara Soekarno Hatta memanggil Rius Vernandes sebagai pihak terlapor untuk dimintai klarifikasi, pada hari Rabu 17 Juli 2019.

Dalam Instagram pribadinya, Rius mem-posting surat undangan polisi sebagai saksi terkait kasus ini. Dan meminta dukungan kepada netizen dalam caption-nya sebagai berikut:

Guys, gw sama elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami di laporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau kalau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapapun.

Gw sangat minta support kalian soal ini. Semua nya. Siapa pun. Kalian semua punya suara. Terutama teman2 influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, ketika kita memberikan kritisi yang membangun, kita bisa di pidana.

Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tidak merasa mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak ada kah cara yang lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini?

TIM LIPUTAN

5

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments