Bersiaplah menyaksikan gerhana bulan yang terjadi pada Rabu, 17 Juli 2019 dini hari di seluruh wilayah Indonesia. Gerhana bulan sebagian ini adalah satu-satunya yang bisa disaksikan di Indonesia secara langsung dengan kasat mata sepanjang tahun ini.

Gerhana bulan ini merupakan peristiwa ketika cahaya matahari terhalangi oleh bumi. Sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Fenomena ini akan terlihat selama beberapa jam di Indonesia.

Gerhana bulan sebagian bisa disaksikan pada dini hari, pukul 03.00 WIB, dan puncaknya akan terjadi pada pukul 03.42 WIB, serta berakhir pada pukul 05.59 WIB.

Fenomena alam ini dapat disaksikan terutama pada Indonesia bagian barat, seperti Jakarta dan Medan. Sementara di Indonesia bagian Timur, hanya bisa dilihat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, durasi gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 4 jam 28 menit. Sementara di Medan, Sumatera Utara, durasi gerhana bulan mencapai 4 jam 45 menit. Awal gerhana terjadi pukul 01.43 WIB, gerhana sebagian pukul 03.01 WIB. Puncak pukul 04.30 WIB dan akhir gerhana pukul 06.29 WIB.

Sementara itu petugas di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, Sumatera Utara telah melakukan uji coba peralatan teleskop. Yang akan digunakan untuk mengamati gerhana bulan parsial atau disebut sebagian, Selasa (16/7/2019).

Selain itu, UMSU mengundang masyarakat untuk menyaksikan gerhana bulan sebagian ini. Pihak kampus juga akan menggelar pendidikan dan edukasi tentang ilmu astronomi.

TIM LIPUTAN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments