hero
(ISTIMEWA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 Juli 2019, 12:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menyelenggarakan Anugerah Syiar Ramadhan di Gedung Wisma Mandiri Syariah Jakarta, Senin malam. Program-program televisi berkompetisi dalam memenangkan 17 kategori seperti reality show, sinetron, ceramah, wisata budaya, kultum, talkshow, dan banyak lainnya. 

Tujuan anugerah ini untuk menstimulasi lembaga penyiaran agar memberikan tontonan yang edukatif, informatif, serta inspiratif. “Tujuan dari Anugerah Syiar Ramadhan tiap tahun yang kita selenggarakan adalah memberikan apresiasi kepada program siaran yang ditayangkan selama bulan Ramadhan. Program siaran yang memiliki nilai-nilai mendukung suasana ibadah Ramadhan,” ujar Komisioner KPI, Nuning Rodiyah. 

Nuning menambahkan program yang mereka apresiasi adalah program siaran yang sama sekali tidak pernah mendapatkan sanksi dari KPI. Hal itu merupakan syarat utama untuk masuk nominasi dan menang. Syarat lainnya program terpilih sebagai pemenang harus memuat nilai edukasi, informasi, dan materinya merekatkan semangat kebangsaan.

Kategori Host Muda Inspiratif yang diperoleh NET dalam Anugerah Syiar Ramadhan 2019. (ISTIMEWA)

Dibandingkan tahun lalu, program Ramadhan tahun ini berkembang sangat pesat dari 77 menjadi 107 program acara. Dalam acara tersebut NET memenangkan 4 kategori yaitu reality show, wisata budaya, gaya hidup sesuai syariah, dan host muda inspiratif. Selain itu, NET juga memenangkan juara umum televisi terbaik Syiar Ramadhan.

Muslim Traveler merupakan salah satu program NET yang mendapatkan anugerah kali ini. “Muslim Traveler ini kan musim ke-enam kita memproduksi program ini, selain itu juga tidak sebatas hanya dokumenter, tapi kita juga menyisipkan informasi syiar Islam bahwa Islam itu disebarkan dengan cara-cara yang damai menjadi agama yang memang menjadi rahmat bagi seluruh umat,” kata Senior Produser NET, Ranti Nuraeni.

Acara ini juga dihadiri Wakil Presiden terpilih 2019-2024 KH Ma’ruf Amin, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta jajaran pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Dalam Negeri.

CHELZEA VERHOEVEN | ATHIF AIMAN

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments