hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 Juli 2019, 11:50 WIB

BALI, INDONESIA

Bali diguncang gempa dengan kekuatan 6 magnitudo, Rabu pagi. Akibatnya sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Beberapa diantaranya adalah gedung Sekolah Dasar (SD) 1 Ungasan Badung. Genteng sekolah berhamburan saat gempa mengguncang.

Selain itu, gempa juga menyebakan kerusakan pada gapura kawasan perhotelan ITDC Nusa Dua. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan terkait korban jiwa akibat gempa tersebut.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah 3 Denpasar, pusat gempa berada di wilayah Samudera Hindia selatan Bali atau tepatnya di laut pada jarak 80 kilometer dari arah kota Negara, Kabupaten Jembrana.

Pemuka agama Hindu memantau kerusakan pada bagian candi yang runtuh akibat gempa di Pura Lokanatha, Denpasar, Bali, Selasa (16/7/2019). Gempa yang mengguncang Bali pada 6 skala richter pukul 08.18 Wita tersebut tidak menimbulkan korban jiwa tapi sejumlah bangunan di beberapa kawasan di Bali mengalami kerusakan. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

 “Gempa bumi yang terjadi pada pukul 08.36 WITA tadi disebabkan oleh aktifitas subduksi lempeng laut Australia ke dalam lempeng benua Eurasia di selatan Bali dengan kedalaman 68 kilometer,” kata Staf Operasional Pusat Gempa BMKG Wilayah 3 Denpasar, Adityo Mursitantyo.

Sementara dari hasil analisa BMKG, pascagempa utama tersebut kembali terjadi gempa susulan sebanyak 7 kali dengan magnitude terendah 2,5. Selain di Bali, gempa bumi juga dirasakan hingga Lumajang Jawa Timur dan Lombok Nusa Tenggara Barat. 

SURYA SANJAYA

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments