hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Juli 2019, 06:05 WIB

SOLO, INDONESIA

Industri kreatif di kalangan anak muda terus menggeliat. Berbagai macam produk buatan dalam negeri, pelan-pelan bermunculan. Salah satunya adalah sepatu kulit kayu yang diberi nama Pepagan. 

Dalam bahasa Jawa, Pepagan berarti kulit kayu. Sesuai namanya, pepagan dibuat dengan bahan utama kulit kayu yang sudah melalui proses seleksi. Sepatu unik ini dibuat oleh Yogie, pria asal Solo, Jawa Tengah. 

"Kita ingin menciptakan karya, produk yang merepresentasikan nilai budaya Indonesia. Kita mengaplikasikan material alami, serat kayu," Ujar Yogie. 

Yogie, pembuat sepatu kulit. (NET/Dylan Nugroho)

Ide membuat sepatu dari serat kulit kayu, berawal dari ketertarikan Yogie terhadap budaya Kalimantan yang menggunakan serat kayu sebagai pakaian. Dari situ, Yogie kemudian berinovasi mendesain sepatu yang mengadaptasi dari atap rumah adat toraja. 

Dalam produksinya, Yogie menggandeng perajin sepatu yang berada di Puri Gading, Sukoharjo. Pengerjaan Pepagan dilakukan tiga orang pekerja yang masing-masing memiliki spesialisasi. 

 Sepatu kulit. (NET/Dylan Nugroho)

Sejauh ini enggak ada kesulitan dalam proses produksi karena pembuatan sepatu Pepagan sudah melalui riset yang panjang. Namun tantangannya adalah mengenalkan dan meyakinkan Pepagan ke masyarakat. 

Sepasang sepatu pepagan dijual dengan harga Rp550 ribu. Kamu bisa memperolehnya di gerai Eastwood Muara Market Solo maupun secara online. Soal kualitas, Pepagan diklaim mampu bertahan dalam berbagai cuaca. 

DYLAN NUGROHO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments