hero
(THISWEEKINMORMONS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

10 Juli 2019, 14:12 WIB

ACEH, INDONESIA

Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh, Musannif Sanusi mengatakan bahwa sejak tiga bulan lalu DPR Aceh merancang draf qanun tentang hukum keluarga. Di mana qanun tersebut berisikan sejumlah poin, salah satunya memperbolehkan poligami bagi laki-laki.

Adapun praktik poligami tersebut akan diatur dalam salah satu bab di qanun hukum keluarga. Qanun ini membahas tentang perkawinan, perceraian, perwalian, dan masalah keluarga lainnya.

“Rancangan qanun di dalam satu bab ada membahas poligami, tidak khusus seperti yang ditulis. Saat ini masih konsul dengan Kementerian Agama dan lain-lain,” ungkap Musannif, Aceh, Selasa (9/7/2019).

Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh, Musannif Sanusi, Aceh, Selasa (9/7/2019). (NET/ Munandar)

Musannif menambahkan, qanun dibuat semata-mata untuk membuat masyarakat Aceh sejahtera. Tanpa ada lagi kasus nikah siri yang marak terjadi. Nantinya, bagi laki-laki yang merasa mampu untuk berpoligami, wajib menjalankan aturan yang sudah berlaku sesuai ajaran Agama Islam.

“Kita justru mau melindungi kaum wanita dan anak-anak. Nanti kita akan undang semua untuk bicara apakah qanun ini bermanfaat bagi masyarakat atau kita tidak sahkan saja qanun ini untuk mensejahterakan masyarakat,” terang Musannif.

DPR Aceh menargetkan qanun terkait poligami ini selesai dibahas sebelum digelar pelantikan anggota DPR Aceh baru, pada 30 September 2019. Karena, program legislasi daerah (Prolegda) 2018 memutuskan aturan ini dibahas di Komisi VII DPR Aceh pada periode saat ini.

Sejak tahun 2001, Aceh menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memberlakukan Syariah Islam. Sebagai upaya mencegah berbagai bentuk penyakit masyarakat. Tak hanya seputar perkawinan, qanun di Aceh juga mengatur sanksi hukuman terhadap praktik asusila dan minuman keras.

 

MUNANDAR SYAMSUDDIN
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments