hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

10 Juli 2019, 20:10 WIB

MAKASSAR, INDONESIA

Akses jalan yang layak, akhirnya akan dirasakan warga Dusun Pongka, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dusun Pongka dihuni oleh 75 KK, selama ini mereka harus berjalan selama 1 jam dari dan menuju jalan raya terdekat dusun mereka. Jalanannya masih tanah dan jika hujan melanda, bisa dipastikan makin menantang untuk dilewati.

Karena kondisi inilah, Dusun Pongka dipilih sebagai salah satu titik kegiatan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMDD) 2019 di Sulawesi Selatan. Warga tentunya sangat senang, karena akhirnya kegiatan mereka akan lebih mudah dan cepat dengan adanya akses jalan yang layak.

Tampak atas jalan yang sedang dibangun. (NET/ Prayudha)

“Sejak merdeka, kawasan ini belum pernah disentuh pembangunan jalan. Karena itu warga kalau mau keluar ke jalan poros, memakan waktu hingga 1 jam. Melalui kebun dan pematang sawah,” ujar Ambo Nai, Kepala Dusun Pongka.

Proyek yang berjalan sejak minggu kedua Juli hingga Agustus 2019 ini digarap oleh Kodam XIV/Hasanuddin melalui Kodim 1408/BS Makassar dan rakyat setempat. Tahapan pembangunan terdiri dari pemasangan paving block, drainase dan sudah dimulai sejak 10 Juli 2019.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan sifatnya nasional. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan sesuai sasaran dan kebetulan saat ini tepat di kawasan Kodim Makassar,” ujar Kolonel Inf. Andriyanto, Dandim 1408/BS.

Sementara itu, Pejabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, sangat mendukung pelaksanaan program TMDD ini. “Pemerintah Kota Makassar memberi bantuan untuk mendukung kelancaran TMMD. Namun program ini tak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan berbagai stake holder,” jelasnya.

Proses pembangunan jalan. (NET/ Prayudha)

Dengan mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, tahun ini sasarannya ada dua, yaitu fisik dan non fisik.

Untuk sasaran fisik, akan dibuat drainase sepanjang 1.122 meter di Jalan Fahruddin Daeng Ramang Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Untuk sasaran non fisik akan dilaksanakan pemaparan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, kamtibmas, kesehatan, KB kesehatan dan penyuluhan tentang Agama. 

NET.Z | PRAYUDHA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments