hero
(NET/Munandar Syamsuddin)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

9 Juli 2019, 16:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pemerintah Aceh tengah menyiapkan aturan tentang pelegalan poligami yang tercantum dalam qanun hukum keluarga. Di dalamnya memuat 25 bab dan 200 pasal, dimana persoalan poligami diatur dalam bab 8.

Terdapat 5 pasal yang mengatur soal poligami yaitu pasal 46 hingga pasal 50. Pemerintah Aceh beralasan dengan adanya kebijakan ini dapat meminimalisir pernikahan siri yang marak terjadi.

Perempuan Aceh menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan Kementerian Sosial melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah I. (ANTARA FOTO/Rahmad)

Tanggapi hal tersebut, Komnas Perempuan menyatakan tidak setuju dengan rencana kebijakan Pemerintah Aceh itu. Selain akan merenggut kesejahteraan perempuan, kebijakan ini justru dinilai akan menimbulkan masalah baru. 

“Saya kira persoalan besar ini akan ada konflik baru. Sejumlah fakta misalnya perkawinan kedua ketiga ini juga terjadi konflik baru, kekerasan, dan juga persoalan dengan anak-anaknya,” ujar Komisioner Komnas Perempuan, Masruchah. 

Masruchah menambahkan bahwa masyarakat sudah seharusnya membedakan antara berpoligami dalam konteks pertolongan dengan poligami yang lebih didominasi karena dorongan nafsu syahwat.

Suasana Kota Banda Aceh, Senin 9 Juli 2019. (NET/Munandar Syamsuddin)

“Saya kira prinsip monogami dan sejak dulu Rasulullah juga berbicara pada prinsipnya perkawinan itu satu. Rasul ini menikah kedua setelah istri pertama meninggal. Dan setelah sekian lama meninggal, baru menikah lagi,” pungkas Masruchah.

Hal ini sesuai dengan data Badan Pusat Statistik bulan September 2018 yang mencatat 813 ribu warga Aceh masih hidup di bawah garis kemiskinan. Selain itu, wacana kebijakan poligami juga menuai pro dan kontra karena sudah ada Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 yang mengatur mengenai perkawinan. Rancangan qanun ini sendiri rencananya akan disahkan pada September 2019 mendatang. 

YAKSA SEMBODO | BAGUS DHARMAWAN

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments