hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

3 Juli 2019, 19:30 WIB

JEPANG

Baru-baru ini, Sony, melalui kanal Youtube-nya menggungah video pendek dalam rangka merayakan 40 tahun Walkman. Video berdurasi 1 menit 6 detik itu menceritakan secara singkat perjalanan Walkman dari pertama kali dirilis pada 1 Juli 1979. Generasi Z mungkin tak lagi mengenal Walkman, mungkin mereka lebih mengenal pemutar musik digital. Namun, untuk generasi sebelum mereka, Walkman merupakan sebuah legenda. Ia begitu dikagumi di zamannya. 

Walkman generasi pertama. (The Verge)
Tampilan Walkman generasi pertama. (The Verge)

Sony, melalui Walkman, hadir dan berhasil membawa perubahan besar, dalam hal cara orang mendengarkan musik. Walkman, pemutar musik portabel besutan raksasa Jepang tersebut sempat populer dikalangan remaja 80an dan 90an. Sony Walkman bukan produk pertama yang menawarkan konsep pemutar musik portabel, sebab masih ada pabrikan asal Jerman yang merilis Stereobelt. Namun, Sony dengan Walkman-nya tetap menarik perhatian publik karena dibanderol lebih terjangkau dan ringkas. 

Walkman hadir dan menjadi salah satu trendsetter serta merevolusi cara menikmati musik, tanpa harus membawa boombox ataupun radio portabel yang memanfaatkan speaker untuk menghasilkan suara. Walkman menjadi pemutar musik terkenal di dunia dengan penjualan 400 juta unit secara global setelah diluncurkan. 

Sony Walkman tdc-d3 (The Verge)

Kini seiring perkembangan teknologi yang begitu masif, era Walkman makin tergerus. Kemunculan pemutar musik digital seperti iPod yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada 2001 memicu hilangnya walkmandi generasi saat ini. Meksipun demikian, Walkman membawa warisan jack headphone 3,5 mm yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Sony sendiri tidak benar-benar menghapuskan produknya yang serupa dengan Walkman, namun lebih menginovasi perangkat media player portabel yang lebih modern saat ini. Perusahaan asal Jepang itu masih menjual perangkat serupa namun dengan fitur kekinian.

NET.Z | BANDHA PRASETYO 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments