hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

2 Juli 2019, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kebanyakan orang merencanakan masa depan seputar pernikahan, menetap, dan memiliki anak. Namun terkadang hal-hal tidak berjalan sesuai dengan rencana. Salah satunya ialah beberapa pasangan yang kesulitan memiliki anak karena ketidaksuburan suami.

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa pria yang tidur sebelum pukul 22:30 malam memiliki peluang empat kali lebih besar untuk memiliki anak. Hal itu dikarena mereka lebih mampu menghasilkan sperma dengan kualitas yang lebih tinggi daripada pria yang tidur di atas pukul 23:30.

Menurut ahli kesuburan, ketika pria kurang tidur, sistem kekebalan mereka akan terprovokasi untuk bereaksi berlebihan dan menyerang sperma yang sehat. Selain itu, kurang tidur juga membuat pria berada di bawah tekanan fisik dan psikologis yang dapat mengakibatkan masalah infertilitas.

(Pixabay)

The Telegraph melaporkan bahwa sebuah tim dari Universitas Aarhus di Belanda telah mengonfirmasi temuan ini. Mereka mengatakan bahwa permasalahan ini telah meningkat terutama di jaman modern dimana orang-orang banyak tidur begitu larut.

Tim tersebut telah melakukan penelitian yang melibatkan penelitian yang melibatkan 104 partisipan pria dengan usia 34 tahun selama dua tahun. Hasil penelitan tersebut mengungkapkan bahwa ada perbedaan sperma yang dihasilkan antara pria yang tidur sebelum pukul 22:30 dengan pria yang tidur setelah itu.

Dalam penelitian yang lebih lanjut, ditemukan bahwa tidur selama 7,5 hingga 8 jam merupakan durasi tidur yang paling ideal bagi pria. Pria yang tidur dalam durasi ideal akan menghasilkan sperma yang lebih sehat daripada pria yang tidur kurang dari 7 jam per hari.

“Jika Anda tidak tidur dengan cukup, hal itu dapat berdampak pada metabolisme yang kemudian akan mempengaruhi kualitas sperma,” ungkap Dr Christopher Barratt, profesor kedokteran reproduksi di Universitas Dundee.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments