hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

27 Juni 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Untuk mendapatkan senyum indah dengan gigi yang putih, cerah, dan bersih, kebanyakan orang rela merogoh kocek dalam. Ada yang beli produk pemutih, konsultasi ke dokter gigi, bahkan melakukan sejumlah perawatan, hingga operasi gigi untuk mewujudkannya. Sebelum repot-repot melakukan itu semua, coba simak dulu beberapa makanan berikut ini, yang ternyata bisa mencerahkan warna gigimu secara alami

 

1Keju

Makan keju lebih baik daripada mengunyah permen karet. (BRIGHTSIDE)

Dibanding mengunyah permen karet, ternyata mengonsumsi keju jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan gigi lho. Pasalnya, keju kaya akan kalsium dan dapat meningkatkan tingkat pH gigi di atas 5,5. Sehingga dapat mencegah proses gigi berlubang dan pembusukan.

2Kunyit

Meski dikenal kerap meninggalkan noda yang susah dihilangkan, kunyit dapat memutihkan gigi. (BRIGHTSIDE)

Kunyit memang dikenal bisa meninggalkan noda yang susah dihilangkan, tapi justru berlaku sebaliknya untuk gigi. Penelitian membuktikan bahwa kunyit justru bisa memutihkan warna gigi. Dan lebih dari itu, menyembuhkan sejumlah penyakit gigi seperti gingivitis, peridontitis, dan pembengkakan gusi. 

3Timun

Timun merupakan pemutih gigi alami yang lebih baik daripada lemon. (BRIGHTSIDE)

Ternyata timun punya manfaat yang lebih baik ketimbang lemon untuk memutihkan gigi. Karena timun enggak mengandung asam yang dapat merusak enamel gigi. Kandungan serat pada timun dapat menyegarkan dan menyehatkan gusi dan gigi, serta sari timunnya dapat mencegah peradangan gigi yang bisa bikin gigi mudah ompong. 

4Stroberi

Stroberi enggak hanya bisa jadi pemutih gigi alami, tetapi juga dapat menyegarkan dan menyehatkan mulut. (BRIGHTSIDE)

Buah stroberi merupakan salah satu obat pemutih alami gigi yang paling ampuh lho, terutama jika dicampur dengan baking soda. Selain itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi juga tentu saja menyehatkan dan menyegarkan untuk mulut.

5Tahu

Kandungan alkalin dan kalsium tinggi pada tahu baik bagi kesehatan gigi. (BRIGHTSIDE)

Enggak cuma tinggi kalsium dan protein, tahu ternyata punya manfaat lain yaitu untuk membersihkan gigi. Kandungan alkalin dan kalsiumnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk perkembangan gigi. Dan tahu juga dapat memicu keluarnya air liur yang bermanfaat untuk membersihkan gigi. 

6Teh hijau

 Kandungan polifenol pada teh hijau dapat mencegah gigi berlubang. (BRIGHTSIDE) 

Jangan terlalu takut minum teh kalau ingin memutihkan gigi. Karena ternyata, teh hijau memiliki khasiatnya. Kandungan polifenol pada teh hijau bisa membantu menghancurkan plak, mematikan bakteri yang tumbuh, dan berpotensi membusukkan gigi. 

7Minyak kelapa

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa ampuh menyehatkan gigi dan gusi. (BRIGHTSIDE)

Mungkin ini terdengar aneh, tapi kandungan asam laurat pada minyak kelapa ternyata ampuh melawan bakteri di dalam mulut, sehingga mencegah bau mulut serta penyakit gigi dan gusi. Caranya, kumur minyak kelapa selama 15-20 menit. Lalu, sesekali coba hisap minyak kelapa sehingga masuk ke sela-sela gigimu. Setelah selesai, buang kumuran minyak kelapa dari mulut.

8Daun seledri

Mengunyah daun seledri dapat membersihkan sela gigi dari sisa makanan yang menempel. (BRIGHTSIDE)

Punya aroma khas dan tekstur renyah, ternyata daun seledri juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Mengunyah daun seledri yang kaya akan kandungan air, bisa mengurangi jumlah bakteri dalam mulut, dan membersihkan sela gigi dari partikel makanan yang menempel. 

9Bawang merah

Bawang merah ampuh membersihkan dan memutihkan gigi. (BRIGHTSIDE)

Yang satu ini memang enggak bersahabat dengan aroma mulutmu sih, tapi ternyata bawang merah bisa membersihkan dan memutihkan gigi. Unsur belerang yang ada di dalamnya dapat mencegah pembentukan plak pada gigi.

Caranya, kunyah bawang merah yang masih mentah dan biarkan selama beberapa menit. Menggosokkan bawang merah ke gigimu juga bisa menghilangkan nyeri saat sedang sakit gigi.

 

 

 

BRIGHTSIDE| REDBOOKMAG| READER’S DIGEST

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments