hero
(SAMANTHALEEANN)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 Juni 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Memiliki anak perempuan yang lucu dan menggemaskan seringkali didambakan semua orang tua. Tetapi biasanya para ayah justru kurang tertarik untuk memerhatikan anak perempuan mereka, karena mereka enggak tahu bagaimana dan darimana memulainya.

Banyak hal yang bisa seorang ayah lakukan untuk membesarkan putrinya dengan baik. Untuk para ayah ataupun ‘Daddy to be’, yuk simak kiat-kiat berikut.

1Menghabiskan waktu

Menghabiskan waktu. (BRIGHTSIDE)

Ini adalah saran yang paling mendasar untuk menjadi orang tua. Sebagai langkah awal kamu bisa memulainya dengan mengganti popoknya atau kalau dia sudah sedikit lebih besar kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan. Selain itu, anak perempuan juga senang sekali jika memiliki teman untuk bermain rumah-rumahan atau masak-masakan.

2Jawab semua pertanyaannya

Jawab semua pertanyaannya. (UNITEFORLITERACY)

Seringkali para ayah merespon pertanyaan anak perempuannya dengan menjawab “tanya ibu aja”. Tahukah kamu jawaban itu ternyata memperkecil kesempatan kamu untuk lebih dekat satu sama lain. Kalau ia melontarkan pertanyaan yang enggak bisa kamu jawab, kamu bisa mencari jawabannya bersama-sama.

3Tawarkan bantuan pada istri

Tawarkan bantuan pada istri. (BRIGHTSIDE)

Hal yang sering terjadi adalah seorang istri enggak tau bagaimana caranya untuk meminta bantuan. Inilah saat yang tepat untuk kamu beraksi, kamu enggak perlu bertanya lagi. Cukup berikan istrimu waktu yang cukup untuk sekedar mandi atau menemui dokter.

4Ajari pengendalian diri dan disiplin

Ajari pengendalian diri dan disiplin. (THESTIRCAFEMOM)

Pelajaran inilah yang seharusnya didapatkan seorang anak dalam keluarga, enggak hanya di sekolah. Bukan hanya itu, peran seorang ayah untuk mengajarkan nilai-nilai ini juga cukup tepat. Karena biasanya ayah dinilai lebih tegas.

Selain itu, anak perempuan juga akan memberi perlakuan istimewa pada ayah. Hal ini karena sang anak merasa waktu luangmu begitu berharga, mengingat ayah seringkali menghabiskan waktu lebih banyak di tempat kerja dibandingkan di rumah.

5Jangan malu untuk menciumnya

Jangan malu untuk menciumnya. (BRIGHTSIDE)

Sebagai seorang ayah kamu enggak perlu takut untuk menunjukkan emosi yang sentimental. Selain baik untuk kesehatan psikologis, dengan mengekspresikan kasih sayang pada putrimu kamu juga akan semakin dekat dengannya terutama secara emosional. Salah satu caranya adalah dengan memberikannya ciuman di pipi atau kening.

6Perlakukan putrimu dengan setara

Perlakukan putrimu dengan setara. (ABC NEWS)

Saat putrimu memiliki sesuatu untuk dikatakan, jangan abaikan dia. Biarkan putrimu menunjukkan cinta dan kasih sayangnya. Kamu juga harus memerhatikan cara berbicara dengannya di saat seperti itu, jangan memberi perintah dan jangan mengancam. Bersikap sewajarnya dan jangan menjadi seolah-olah pengawas yang galak.

7Mengajarkannya untuk menerima penolakan

Mengajarkannya untuk menerima penolakan. (BRIGHTSIDE)

Dalam menjalankan perannya, orang tua akan selalu berusaha untuk memastikan anaknya bahagia. Namun, pada kenyataannya banyak hal yang harus kamu lakukan selain bermain dan menemaninya.

Untuk membuatnya paham, kamu harus menjelaskan pernyataan yang positif kepada putrimu. Misalnya, ketika ada seseorang yang enggak mau melakukan sesuatu untuknya, bukan berarti orang tersebut memiliki masalah pribadi dengan putrimu. Mungkin orang tersebut hanya enggak setuju dengan idenya.

 

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments