hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

19 Juni 2019, 18:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) menggelar rapat kerja nasional (rakernas) ke-4 secara tertutup di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu siang. Selain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, rakernas yang digelar sejak Rabu pagi ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. 

Presiden Jokowi hadir hanya sekitar tiga jam dalam acara tersebut, sebelum kemudian meninggalkan Kantor DPP PDI Perjuangan. Seusai acara, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membantah bahwa rakernas ini membahas pergantian posisi ketua umum yang saat ini masih dipegang Megawati.

Menurutnya hingga saat ini di tingkat arus bawah masih menginginkan Megawati menjabat sebagai ketua umum. Sosok Megawati dinilai masih mumpuni, terbukti dengan dua kali membawa PDI Perjuangan memenangkan pemilu. “Partai membuka seluruh panca indra politik kami dan kami meyakini kepemimpinan Ibu Mega objektif sangat kokoh dalam menjaga ideologi Pancasila,” kata Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Hasto menjelaskan rakernas yang digelar ini merupakan bentuk konsolidasi partai untuk mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin lima tahun mendatang. Selain agenda tersebut, rakernas ke-4 ini juga sebagai bentuk persiapan menuju kongres ke-5 yang akan digelar di Bali pada 8 Agustus mendatang. “Struktur itu nanti dibahas di kongres, ini waktunya sangat singkat karena kami ingin mendahului agenda pemerintahan negara dengan melakukan konsolidasi,” papar Hasto.

Megawati Soekarnoputri usai melaksanakan pertemuan tertutup dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5/19). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sumber NETZ di internal PDI Perjuangan mengatakan kini sedang berkembang wacana penunjukan ketua harian untuk membantu tugas Megawati sebagai ketua umum. Figur yang menguat untuk menduduki posisi ketua harian adalah Prananda Prabowo. Prananda merupakan putra Megawati yang kini menjabat sebagai Ketua Bidang Ekonomi Kreatif di DPP PDI Perjuangan. 

Selain itu beredar pula wacana Megawati ditempatkan sebagai Ketua Dewan Ideologi yang mempunyai hak veto. Sementara nama Puan Maharani digadang-gadang untuk mengisi kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode mendatang.

Sebelumnya, rakernas PDI Perjuangan yang ketiga digelar di Bali pada Februari 2018 silam. Dalam keputusannya, rakernas ketiga tersebut memantapkan keputusan untuk mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden kembali.

GINANJAR HANGGARAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments