hero
(MEDICAL NEWS TODAY)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Juni 2019, 07:50 WIB

INDONESIA

Stres karena pekerjaan? Kurang tidur? Sering makan sembarangan atau junk food? Lengkap sudah potensimu untuk mengalami kelebihan berat badan.

Memang, untuk terlepas dari itu semua bukan perkara mudah. Tapi, menurunkan berat badan bukan selalu tentang diet ketat dan olahraga ekstra yang melelahkan kok. Ada banyak trik yang akan membantumu menurunkan berat badan hanya dalam hitungan 2 minggu, seperti berikut ini.

1Bangun lebih pagi

Terlalu banyak tidur sama jahatnya dengan kurang tidur yaitu mencegah metabolisme tubuh bekerja maksimal. Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang tidur 8-9 jam sehari dan bangun setelah pukul 10.45, makan 250 kalori lebih banyak daripada yang bangun lebih awal. Mereka biasanya juga menginginkan makanan yang lebih asin, manis, dan berlemak tinggi.

2Lebih banyak tertawa

Ini bukan lelucon, tawa yang tulus membutuhkan energi yang sama dengan berjalan. Karena melibatkan otot yang berbeda, terutama otot perut. Menurut data di International Journal of Obesity, 10-15 menit tertawa bisa membakar 40-170 kalori. So, mari nonton lebih banyak film komedi!

3Minum air lebih banyak

Minum air yang cukup mempercepat proses pembakaran lemak. Dalam penelitian, para peserta harus minum 2 gelas besar air dan terbukti metabolisme mereka menjadi 30% lebih baik dan lebih cepat. Para ilmuwan mengklaim bahwa dengan minum setidaknya 1,5 liter air sehari, seseorang dapat membakar sekitar 17.400 kalori per tahun.

4Aturan 5-30 detik

Aturan yang dijelaskan dalam majalah Physiological Reports mengatakan, lakukan 5-30 detik gerakan olahraga keras selama latihan. Misalnya, mempercepat saat mengendarai sepeda atau berlari di treadmill, dengan waktu jeda istirahat 4 menit dapat meningkatkan metabolisme. Dan akan membakar 200 kalori lebih banyak. Biarkan latihanmu menjadi lebih efektif!

5Cheating day seminggu sekali

Kamu mungkin enggak asing dengan istilah ‘cheating’ atau ‘cheat meal’ saat sedang menjalani diet. Tapi, sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang salah. Cheating itu diperlukan untuk menjagamu tetap mood dan termotivasi diet. Karena ada konsep psikologi, ketika kamu tahu akan diberi imbalan atas upayamu, kamu pasti jauh lebih mudah untuk menolak makanan buruk untuk memuaskan hasrat spontan semata.

 

 

 

BRIGHTSIDE| EUREKALERT| ACADEMIC

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments