hero
(ISTIMEWA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

17 Juni 2019, 17:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyampaikan bahwa  pemerintah kembali mewacanakan pembangunan penjara di pulau-pulau terpencil yang ada di Indonesia. Penjara ini akan dikhususkan untuk narapidana koruptor, narkotika, dan pelaku terorisme.

Menurut Wiranto penempatan penjara yang jauh dari publik dan kehidupan perkotaan akan menyulitkan narapidana untuk melakukan plesiran seperti yang dilakukan terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto beberapa hari lalu. “Kalau di pulau-pulau terpencil mau berenang disana pasti enggak bisa, karena itu balik lagi,” ujar Wiranto. 

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto saat memberikan keterangan kepada media seputar penangkapan sejumlah tokoh yang diduga terkait kerusuhan 21-22 Mei, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (10/6/2019). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemerintah sudah mempertimbangkan rencana ini sejak dulu saat penjara-penjara mengalami over kapasitas. Wiranto pun mengingatkan bahwa Indonesia mempunyai 17 ribu pulau yang dihuni baru 11 ribu pulau. “Masih ada enam ribu pulau yang enggak dihuni, kita banyak pulau kalau diperlukan. Tentunya masih perlu suatu rencana-rencana dukungan lain yang bisa mengarah ke sana,” tukas pendiri Partai Hanura ini.

Wiranto yakin penegakan hukum dapat berjalan optimal ketika pembangunan penjara di pulau-pulau terpencil di Indonesia terwujud. Sambil mengarah kesana sekarang ini pemerintah sudah mulai membangun lembaga pemasyarakatan di Nusakambangan.

Sementara terkait dengan kasus Setya Novanto yang melakukan pelanggaran berulang kali selama menjalankan masa hukuman, Wiranto tegaskan penegakan hukum harus berjalan dengan keras sesuai Undang-undang dan tanpa pandang bulu.

ANGGY PASARIBU | ARISTYO RUSMANA 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments