hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

12 Juni 2019, 16:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Polri akan mendalami dugaan keterlibatan Fauka Noor Farid dalam peristiwa kerusuhan 21-22 Mei lalu yang berujung pada tewasnya 8 orang di Jakarta. Fauka merupakan anak buah Prabowo Subianto saat masih menjabat sebagai Danjen Komando Pasukan Khusus Kopassus. Fauka juga merupakan mantan anggota Tim Mawar, sebutan untuk kelompok penculik aktivis pada 1997-1998. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra di Gedung Humas Mabes Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan. Asep mengatakan penyidik akan mendalami informasi seperti yang telah dimuat oleh Majalah Tempo terkait keterlibatan Tim Mawar dalam aksi 21-22 Mei lalu.

“Menurut para penyidik dari keterangan Cobra Hercules, kita akan mendalami keterangan itu dan sesegera mungkin peran yang bersangkutan menjadi jelas sebagai apa,” kata Asep. 

Suasana bentrokan antara petugas kepolisian dengan massa aksi di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Fauka disebut sebagai dalang kerusuhan 21-22 Mei oleh Abdul Gani alias Cobra Hercules. Gani sendiri telah ditahan oleh Polda Metro Jaya usai peristiwa kerusuhan di sekitar Bawaslu beberapa waktu lalu.   

Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) menegaskan bahwa Prabowo-Sandi tidak ada sangkut-pautnya dengan kerusuhan 21-22 Mei. “Saya ingin tegaskan bahwa BPN Prabowo Sandi tidak terlibat kerusuhan 21 dan 22 Mei,” kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade.

Massa berhamburan ketika ditembakan gas air mata saat kerusuhan terjadi di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

BPN juga menegaskan bahwa Fauka bukan merupakan anggota BPN Prabowo-Sandi. “Lalu Bang Fauka dan Mbak Dahlia yang dituduhkan itu bukanlah anggota BPN. Lalu Garda Prabowo juga tidak termasuk dalam struktur direktorat apapun di BPN Prabowo Sandi,” lanjut Andre.

Meski tak masuk dalam struktur BPN, menurut Andre, pihaknya akan mendampingi Fauka. “Tim advoksi kami mulai berkomunikasi termasuk menanyakan ke Pak Fauka. Pak Fauka menyatakan beliau tidak terlibat sama sekali di kerusuhan 21 dan 22 Mei,” pungkas Andre.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments