hero
(UEFA NATION LEAGUE)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

10 Juni 2019, 21:42 WIB

PORTUGAL

Goncalo Guedes menjadi pencetak satu-satunya gol untuk Selecao da Quinas dalam gelaran final UEFA Nation League 2019 saat menaklukkan Belanda dengan skor akhir 1-0. Timnas Portugal sukses menambah perbendaharaan trofi mereka setelah sebelumnya menjuarai UEFA EURO 2016 di Perancis dengan trofi UEFA Nation League 2019. 

Penyerang Portugal Goncalo Guedes yang bermainuntuk klub Valencia di Liga Spanyol berhasil mencetak satu-satunya gol yang membawa Portugal memenangi UEFA Nation League dengan mengalahkan Belanda. (Twitter/@UEFAEURO)

Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Porto, pada Senin  dini hari, 10 Juni 2019 ini timnas Portual lebih banyak membuat peluang daripada timnas Belanda, Total ada 12 percobaan serangan yang dilakukan oleh Portugal di babak pertama. Rata-rata tembakan yang dilancarkan para penyerang Portugal mentah di tangan Jasper Cillessen yang bermain apik menjaga gawang Belanda.

Tendangan keras Goncalo Guedes menjebol gawang Belanda yang dikawal Jesper Cillessen. (Twitter/ @UEFAEURO)

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-60 sebuah skema serangan Portugal yang dilakukan oleh Bernardo Silva berhasil membongkar pertahanan Belanda yang dikawal duet tembok Van Dijk-De Light. Umpan tarik Silva dari sisi kanan kotak penalti Belanda berhasil dicapai oleh Guedes yang dengan sekali kontrol langsung melepaskan tendangan keras sari tepi muka kotak penalti. Meski sudah menggunakan kedua tangannya, tetap saja Cillessen gagal menghalau tendangan Guedes yang menghujam keras ke gawangnya.

Belanda mencoba mengejar ketertinggalan dengan aksi Memphis Depay, Frenkie de jong dan Georginio Wijnaldum, namun semua usaha mereka tidak membuahkan hasil maksimal. Bahkan seorang Cristiano Ronaldo pun ikut berada di dalam kotak penalti Portugal membantu pertahanan.

Penyerang Portugal Bernardo Silva (tengah) dibayangi oleh gelandang Belanda Frenkie De Jong (kanan) dalam pertandingan final UEFA Nation League antara Portugal melawan Belanda di Estadio Do Dragao, Porto, Senin dini hari (9/6). (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Permainan apik Ruben Diaz yang menggantikan Pepe yang cedera diganjar dengan gelar man of the match pada pertandingan malam itu. "Dia bermain dengan kepercayaan diri tinggi dan mengambil tanggung jawab yang besar saat Pepe cedera, performa yang menjanjikan dari bek tengah muda ini," ujar David Moyes, Pengamat Teknik UEFA di Estadio Do Dragao, Porto.

Fernando Santos dianggap sukses meramu taktik yang pas dengan pilihan pemain-pemain yang tepat sehingga timnas Portugal dapat bermain bagus baik penyerangan dan pertahanan. Gol tunggal Guedes membayar kepercayaan yang diberikan Santos kepadanya, juga performa apik Danilo di lini tengah Portugal yang menjamin amanya lini tengah. Sebaliknya di kubu timnas Belanda, terbatasnya gerak gelandang kreatifnya Frenkie de Jong dalam final ini membuat Belanda gagal menciptakan peluang. "Jika kami mampu membatasi kebebasannya, keuntungan akan didapat," ujar Fernando santos dikutip dari Goal.com

Fernando Santos, arsitek kemenangan Portugal atas Belanda di final UEFA Nation League 2019. Instruksinya untuk menghentikan laju gelandang Belanda Frenkie De Jong menghasilkan gelar internasional kedua untuknya dan Portugal setelah memenangi UERO 2016 di Perancis. (uefanationleague)

Juara di kandang sendiri menjadi kebanggaan tersendiri bagi timnas Portugal yang tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir menurut data dari EUFA Nation League. Selanjutnya, Portugal harus kembali bersiap untuk pertandingan kualifikasi EURO 2020 demi mempertahakan status juaranya.

UEFA NATION LEAGUE | GOAL.COM

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments