hero
(ANTARA)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

6 Juni 2019, 17:37 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kepolisian Republik Indonesia akan kembali memberlakukan sistem One Way untuk menghadapi arus balik pada musim mudik 2019 ini. Rencananya Polri akan memberlakukan sistem One Way ini sejak dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cawang. Lalu lintas arus mudik tahun 2019 berjalan aman lancar dan terkendali.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat diwawancarai awak media seusai menunaikan sholat ied di Mabes Polri,  Rabu (5/5). (NET/Ginanjar Hanggarawan)

"Saya belum mendapat laporan adanya hal-hal yang terlalu menonjol arus mudik dengan adanya menuju ke Jawa Timur Jawa Tengah semua relatif aman lancar dengan adanya satu infrastruktur yang bergelar Trans Jawa itu sangat membantu", ujar Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian usai melaksanakan Solat Ied di Mabes Polri, Rabu, 5 Juni 2019.

Menurut Tito, dari pantauannya selama arus mudik lalu, kepadatan hanya terjadi di titik-titik seperti gerbang-gerbang tol, lalu juga jalan pecahan keluar dari tol utama Trans Jawa. Semenara untuk mudik ke arah Pulau Sumatera sepenuhnya berjalan lancar meski sebagian tol Trans Sumatera yang digunakan masih bersifat fungsional. Faktor lain yang membuat mudik kali ini relatif lancar adalah panjangnya libur yang dimulai sejak tanggal 29 Mei lalu, yang menyebabkan gelombang mudik tidak memuncak pada satu hari yang sama.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta antre saat akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/5/2019). Menurut data PT Trans Marga Jateng Semarang Batang, volume kendaraan melalui tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung pada H-7 hingga H-6 Lebaran tercatat mencapai 81.460 kendaraan dan diperkirakan akan terus melonjak pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada H-4, Sabtu (1/6/2019). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

"Saran himbauan dari kami Kepolisian, tolong bagi yang mungkin (tanggal) 29 sudah pulang upayakan hari Jumat pulang jadi tanggal 7," imbau Tito. Karena diprediksi gelombang puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini, Kapolri menambahkan untuk masyarakat yang masih memiliki cuti panjang supaya menghindari mudik pada tanggal 4 higga 7 Juni 2019 ini. Kepolisian menurut Tito akan menyiapkan rekayasa-rekayasan sendiri untuk menghadapi puncak gelombang arus mudik seperti strategi One Way terpanjang mulai Gerbang Tol Kalikangkung hingga Cawang, termasuk jalur selatan dan arah dari Sumatera.

GINANJAR HANGGARAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments