hero
(ANTARA)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

4 Juni 2019, 17:56 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Pospam Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah pada Senin malam, 3 Juni 2019 lalu menurut Mabes Polri termasuk dalam jenis ledakan Low Explosive atau daya ledak ringan. Korban sekaligus pelaku bom bunuh diri ini diketahui bernama Rofik Asharudin dan berafiliasi dengan ISIS. Pemuda berusia 22 tahun ini masih tergolong amatir dan pemula dalam menjalankan aksi yang mengakibatkan ia terluka para pada bagian perut dan kini dalam perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang.

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat berikan keterangan pers di Mabes Polri jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/6). (NET/ Rendianto)

"Saat ini kondisi kesehatan pelaku cukup stabil bisa berkomunikasi dan perlu dilakukan perwatan dan segera sembuh dan pulih akan di dalami lagi," ujar Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Karopenmas Mabes Polri di jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa siang, 4 Juni 2019.

Polisi membawa barang bukti usai penggeledahan rumah pelaku peledakan Pospam Kartasura di dusun Kranggan, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019) dini hari. Sebelumnya terduga pelaku melakukan aksi meledakkan diri di Pos Pengemanan Kartasura, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Dedi menambahkan bahwa hingga saat ini Tim Densus 88 Anti Teror masih terus melakukan investigasi terkait ledakan bom bunuh diri tersebut. Densus 88 bersama Labfor telah melakukan penggeledahan di rumah orang tua pelaku dan menyita bahan-bahan pembuatan bom yang identik dengan serpihan dan partikel bom yang menempel di tubuh pelaku. "Jadi semua identik, TKP identik, kemudian tubuh pelaku identik, kemudian yagn diketemuakan di kediaman orang tua pelaku identik," sambung Dedi.

Sejumlah anggota Satuan Lalu Lintas Polres Sukoharjo berjaga di Pospam Mudik Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019). Pasca ledakan bom yang terjadi pada Senin (3/6/2019) malam, yang mengakibatkan terduga pembawa bom kritis itu kini telah kembali normal untuk pantauan arus mudik Lebaran 2019. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Saat ini kondisi lalu lintas dan aktifitas di sekitaran Pospam Pantau Joglosemar di Kartasura pasca insiden ledakan bom bunuh diri terpantau normal. Masyarakat telah beraktifitas seperti biasanya begitu pula dengan arus lalu lintas juga lancar. Pihak Kepolisian menghimbau kepada masyarakat yang ngin melintasi wilayah Kartasura untuk tidak khawatir akan terjadinya bom lainnya.

RENDIANTO | ANGGA EKA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments