hero

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

2 Juni 2019, 14:08 WIB

INDONESIA

Cinta pada pandangan pertama. Seperti itulah perasaan Kristiani Herrawati saat melihat sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk pertama kalinya. Pertemuan Ani muda dan SBY muda ini terjadi pada tahun 1973, saat Ani mengikuti ayahnya mengunjungi barak taruna di Magelang, Jawa Tengah. Kristiani Herrawati merupakah putri Mayor Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo, Gubernur Akmil kala itu. Ani muda diketahui kerap menemani sang ayah dalam berbagai kegiatan kemiliteran.

SBY muda dan Ani muda. (Foto:Istimewa)

Pertemuan kedua terjadi ketika SBY berkunjung ke rumah dinas Sarwo Edhie, kala itu Ani diam-diam kembali mengagumi sosok SBY yang memiliki sorot mata teduh. Inilah awal keduanya mulai merajut kisah cinta. Romantisme keduanya terajut melalui surat menyurat antara Jakarta dan Magelang. Kiriman puisi-puisi SBY inilah yang menjadi pereda rindu Ani.

SBY (paling kanan) dan Ani (nomor tiga dari kanan). (Foto: Istimewa)

Tahun 1974 Sarwo Edhie Wibowo mendapat tugas menjadi Duta Besar Indonesia di Korea Selatan. Hati Ani gundah, sebab ia harus mengikuti ayahnya bertugas disana. Namun, kegundahan hati Ani sirna setelah pujaan hatinya menunjukkan keseriusannya dengan melamar Ani sesaat setelah SBY diwisuda sebagai perwira terbaik Akabri 1973. 

Wisuda Susilo Bambang Yudhoyono sebagai perwira terbaik Akabri tahun 1973. (Foto:Istimewa)

Usai acara tunangan Ani dan SBY kembali berhubungan jarak jauh, Ani di Korea Selatan dan SBY di Indonesia. Selama 1,5 tahun Ani dan SBY terpisah jarak sebelum akhirnya mengikat janji suci pada 30 Juli 1976. Momen bahagia Kristiani Herrawati dan Susilo Bambang Yudhoyono ini dihelat di Ballroom Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Pernikahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Kristiani Herrawati pada 30 Juli 1976. (Foto: Istimewa)

Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai 2 putra yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Rumah tangga Ani yang lalu menyandang nama Ani Bambang Yudhoyono pun berjalan harmonis. Ani selalu siap mendampingi kemana pun SBY beraktivitas seiring karir militer sang suami yang terus melesat. Hingga akhirnya SBY terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia selama 2 periode mulai 2004-2009 dan 2009-2014.

Foto Keluarga SBY dan Ani. (Foto: Istimewa)

Tak sampai disini, kebahagiaan Ibu Ani dan Pak SBY kian mengalir setelah kedua putranya menikah hingga memiliki 4 cucu. Pepo dan Memo (sapaan akrab Ani dan SBY dalam keluarga) kerap terlihat mencurahkan kasih sayang mereka kepada keluarga. Perjalanan hidup Ibu Ani dan Pak SBY sepertinya baik-baik saja, bahkan Ibu Ani sempat mendampingi SBY melakukan kunjungan di Aceh dan Sumatera Utara sebelum vonis penyakit itu datang.

Foto Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Bambang Yudhoyono. (Foto: Istimewa)

Pertengahan Februari 2019 lalu, putri dari mantan Panglima RPKAD Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo ini divonis mengidap penyakit kanker darah. Atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia, Ibu Ani dirawat secara intensif di National University Hospital (NUH) Singapura. Vonis ini semakin mempererat kasih sayang antara Ani dan SBY. Tanpa kenal lelah SBY selalu mendampingi istri tercinta menjalani berbagai perawatan. 

Selamat Jalan Bu Ani.

Selama 4 bulan perawatan di Singapuro, setelah melalui suka dan duka bersama akhirnya Ibu Ani tutup usia setelah 43 tahun membangun rumah tangga bersama suami tersayang Susilo Bambang Yudhoyono. Selamat Jalan Bu Ani.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments