hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

30 Mei 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kehamilan membuat bentuk tubuh seorang perempuan berubah, terutama di bagian perut. Hal ini sangat wajar, karena perut beradaptasi selama kehamilan untuk memberi ruang pertumbuhan bagi janin. Otot perut turut berubah, sehingga usai melahirkan, otomatis bentuk perut juga berubah.

Nah, untuk mengembalikannya ke bentuk semula ada beberapa gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Bridges

Bridges. (BRIGHTSIDE)

Keuntungan dari gerakan ini adalah dapat membantu mengatur dan mengembalikan otot perut yang berubah posisi selama kehamilan. Situasi ini dinamakan Diastasis Recti dan bisa diperbaiki  dengan melakukan gerakan bridges. Selain itu, gerakan ini juga membantu mengencangkan otot bawah rahim yang melemah setelah menahan berat janin.

Berbaringlah di permukaan datar, luruskan lengan di kedua sisi tubuh dan tekuk lutut. Langkah berikutnya, angkat pinggul, jaga agar punggung tetap lurus. Tahan posisi tersebut selama 10 detik dan kembali ke posisi awal. Lakukan 3 set dengan masing-masing set 10 kali.

2. Plank menyamping

Side Plank. (BRIGHTSIDE)

Gerakan ini baik untuk memulihkan perubahan posisi organ di perut. Selama kehamilan, rahim membesar untuk mengakomodasi pertumbuhan janin, dan setelah melahirkan rahim akan mengecil selama alami. Untuk mempercepatnya, kamu bisa melakukan plank menyamping. Celah yang ada antara otot perut akan mengecil lebih cepat.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk mempraktikan gerakan ini adalah berbaring menghadap sisi kanan. Tempatkan siku kanan di lantai untuk menjadi pendukung. Kemudian angkat seluruh tubuh dengan punggung yang lurus, sisakan siku dan lutut kanan menyentuh lantai. Tunggu selama 5 detik dan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set masing-masing 10, bertumpu pada setiap sisi tubuh.

3. Mountain climber

Mountain Climber. (BRIGHTSIDE)

Gerakan ini membutuhkan usaha karena termasuk dalam aktivitas kardio. Keuntungan gerakan ini adalah mampu membakar dan mengurangi konsentrasi lemak di area perut setelah melahirkan.

Pertama, menghadaplah ke lantai dan tempatkan tangan serta ujung jari kaki ke lantai. Pastikan agar dapat menyokong seluruh tubuh. Gerakan lutut kanan ke depan, tepat di bawah dada. Kembalikan kaki ke posisi awal dan kali ini bawa kaki ke depan. Ingat, bahwa hanya tangan dan kaki yang menyokong. Terus ganti kaki secepat mungkin selama 30 detik. Beristirahatlah selama 30 detik lalu ulangi selama 15 kali.

4. Squat punches

Squat Punches. (BRIGHTSIDE)

Gerakan ini merupakan cara yang paling efektif untuk membakar lemak yang ada di pinggang. Kamu bisa menambahkan beban dengan melakukan pukulan ke bawah. Gerakan ini melibatkan semua otot perut dan membuat jantung bekerja lebih keras, karena itu kalori yang terbakar lebih banyak.

Berdirilah lurus dengan kaki yang terbuka dan kaki mengarah keluar. Tekuk lutut 90o, pastikan pinggul sejajar dengan lantai dan perut dikencangkan. Kemudian turunkan punggung dan berikan pukulan ke bawah, lalu kanan dan kiri. Bisa juga di tambah dengan menggunakan beban jika mau.  Tetaplah memukul selama 1 menit. Beristirahatlah selama 30 detik, ulangi 10 kali.

5. Lunges dan Jumping Jack

Lunges dan Jumping Jack. (BRIGHTSIDE)

Kombinasi kedua gerakan ini memaksa otot perut bekerja membakar lemak ekstra di sekitar perut yang telah dipakai selama 9 bulan mengandung.

Untuk memulainya berdirilah lurus dengan tangan di pinggang. Kemudian bawa kaki kanan ke depan. Turunkan seluruh tubuh dengan menekuk kedua lutut tapi pastikan lutut kiri tidak menyentuh lantai. Jaga agar punggung tetap lurus , lalu kembali lagi ke posisi awal dan secepatnya lakukan hal yang sama setelah berganti kaki. Setelah kembali ke posisi awal, melompatlah sambil membuka tangan dan kaki selebar mungkin. Ulangi sebanyak 30 kali, beristirahatlah jika diperlukan.

BRIGHT SIDE 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments