hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

30 Mei 2019, 07:50 WIB

INDONESIA

Saat tubuh mengalami penyakit, sering kali rasa sakit yang muncul enggak terasa secara langsung di area bagian tubuh yang bermasalah. Rasa sakit atau nyeri kerap muncul di area tubuh lain, yang mungkin memiliki kaitan dengan organ yang mengalami penyakit tersebut.

Masalahnya, mungkin kamu bahkan enggak menyadari bahwa ada masalah kesehatan yang serius karena berpikir bahwa itu hanya rasa sakit otot. Berikut ini beberapa poin rasa sakit pada tubuh yang memberi sinyal ada masalah kesehatan pada tubuhmu seperti dilansir Brightside.

1Jantung

Jantung. (BRIGHTSIDE)

Sakit jantung bisa terletak di sisi kiri dada, seperti yang umumnya terjadi. Namun, kamu mungkin juga merasakan rasa sakit pada sisi dalam tangan kiri atau di bagian tengah hingga atas punggung belakangmu.

2Paru-paru dan diafragma

Paru-paru dan diafragma. (BRIGHTSIDE)

Jika kamu sering merasakan nyeri ringan namun konstan di leher dan bahu, saatnya memeriksakan ke dokter untuk kondisi paru-paru dan diafragma. Rasa sakit ini mungkin akibat dari masalah pernapasan atau saraf frenik yang berasal dari tulang belakang ke diafragma, melalui paru-paru.

3Hati dan empedu

Hati dan empedu. (BRIGHTSIDE)

Rasa sakit ini enggak mudah untuk diidentifikasi karena masalah pada hati atau empedu umumnya menyebabkan rasa sakit di bahu atau leher. Seringnya, orang cenderung menyalahkan karena kurang berolahraga atau menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer. Perhatikan tanda-tanda tubuhmu dan jika rasa sakit enggak kunjung hilang, periksalah.

4Lambung dan pankreas

Lambung dan pankreas. (BRIGHTSIDE)

Biasanya rasa sakit ini relatif mudah diidentifikasi. Tetapi sekitar 50% orang dengan pankreatitis akut juga mengalami nyeri punggung.

5Usus kecil

Usus kecil. (BRIGHTSIDE)

Rasa nyeri yang tajam di daerah perut dekat pusar mungkin disebabkan oleh masalah pada organ usus kecil.

6Usus buntu dan usus besar

Usus buntu dan usus besar. (BRIGHTSIDE)

Radang usus buntu dan gangguan pada usus besar biasanya relatif mudah diidentifikasi karena nyeri terletak di sisi kanan perut tengah-bawah. Radang usus buntu adalah penyakit yang berbahaya, jika kamu mengalami gejalanya, lakukan pemeriksaan medis sesegera mungkin.

7Ginjal

Ginjal. (BRIGHTSIDE)

Yang ini bisa sedikit rumit karena rasa sakit pada dasarnya mencakup seluruh punggung bagian bawah, perut, pinggul, dan panggul. Jika rasa sakit enggak hilang, periksakan ke dokter.

8Kandung kemih

Kandung kemih. (BRIGHTSIDE)

Rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi di kandung kemih sering terletak di panggul bawah, di bagian depan atau belakang.

9Indung telur

Indung telur. (BRIGHTSIDE)

Bagi para perempuan, cermatilah rasa sakit tajam seperti menusuk di sisi perut bagian bawah. Bisa jadi, itu merupakan pertanda masalah kesehatan pada organ reproduksi dan sebaiknya kamu menemui dokter.

 

 

 

BRIGHTSIDE| MY HEART SISTERS| VERY WELL

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments