hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

22 Mei 2019, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Genre musik Korean Pop atau yang kita kenal dengan sebutan K-Pop ini meningkat popularitasnya secara dramatis. Terutama sejak Seo Taiji and Boys pada tahun 1992 pertama kalinya membawakan jenis musik kontemporer ke publik. Sejak itu,  K-Pop mulai berkembang hingga mencapai titik dimana ia dianggap sebagai salah satu bentuk ekspor budaya instrumental Korea Selatan.

Bahkan banyak dari para idol grup Korea yang berhasil menjual jutaan copy album. Berikut 10 grup idol terlaris dalam sejarah Korea Selatan.

 

1. BTS – 16,286,358

Penjualan album BTS mencatat rekor terlaris.

Album terbaru BTS “Map Of Soul: Persona” juga merupakan album terlaris sepanjang masa di Korea Selatan. Album tersebut berhasil terjual sebanyak 3,2 juta kopi hanya di Korea Selatan.

BTS dijuluki sebagai “Boy band Terbesar Di Dunia” dan dianggap berperan besar dalam pemulihan Gelombang Korea setelah pembatasan barang-barang Korea Selatan oleh Cina.

BTS juga merupakan idol group asal Korea pertama yang menduduki Billboard 200 dan menjual ratusan ribu album di Amerika Serikat.

2. TVXQ – 12,155,906

TVXQ salah satu K-pop idol legendaris.

TVXQ mungkin adalah grup yang populer pada masanya. TVXQ berhasil menjual lebih dari 10 juta album fisik dalam 10 tahun, sejak debut pertama mereka.

Hal tersebut menjadikan mereka sebagai salah satu artis yang paling sukses dalam industri musik K-Pop. Mereka juga telah memecahkan banyak rekor untuk artis internasional di Jepang. Salah satunya menjadi artis asing pertama yang menjual lebih dari 400,000 kopi dalam satu minggu di Jepang.

3. EXO – 11,271,803

EXO buktikan album fisik masih bisa laris!

EXO menjadi grup terlaris selama lima tahun berturut-turut mulai dari 2013 hingga 2017. Ketika album fisik mulai tidak laku di pasaran, EXO berhasil mematahkan fakta tersebut dan berhasil menjadi grup pertama yang menjual lebih dari satu juta kopi secara fisik setelah G.O.D. Sejak saat itu mereka telah menjual satu juta kopi untuk lima album berbeda.

4. Seo Taiji and Boys – 8,000,000

Seo Taiji and Boys, berjasa mengubah warna musik Korea.

Grup yang debut pada tahun 1992 ini dianggap sebagai grup musik kontemporer Korea tertua. Perpaduan menarik yang mereka sajikan menjadikan grup mereka legendaris.

Tidak hanya itu kehadiran mereka juga mengubah lanskap musik Korea. Mereka mendulang sukses dengan penjualan 8 juta kopi album sepanjang karir mereka.

Selain itu, mungkin penggemar K-Pop saat ini lebih mengenal Yang Hyun Suk sebagai petinggi YG entertainment. Namun, sebelum itu ia adalah salah satu member grup pelopor K-Pop ini loh.

5. H.O.T - 6,558,469

H.O.T, grup yang membuka jalan Kpop idol.

Salah satu grup pertama asuhan SM Entertainment yang kemudian diikuti dengan formasi “Idol Group” dan dinilai sebagai pionir dari Hallyu Wave adalah H.O.T. Mereka mengalami kesuksesan luar biasa dengan menjual lebih dari 6 juta kopi di Korea.

H.O.T hanya aktif selama lima tahun dan bubar pada tahun 2001. Walaupun begitu H.O.T membuka jalan bagi grup idol masa depan dan menjadi model yang menginspirasi banyak idol.

6. TWICE - 5,634,229

Album Twice selalu laris manis di pasaran.

Twice merupakan salah satu girlband asal Korea yang paling laris. Selain Girl’s generation mereka juga dijuluki sebagai “The Nation’s Girl Group”.

Mereka menjadi grup perempuan terlaris setelah merilis single terbaru mereka yang berjudul “Fancy You”. TWICE juga telah menjual lebih dari satu juta kopi album di tahun 2017 dan 2018, ini menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap TWICE.

7. Girl’s Generation - 5,367,936

SNSD, masih eksis sampai sekarang dan jadi salah satu girlgrup legendaris.

Kalau girlband satu ini memiliki julukan “The Nations Girl Group”. Grup yang juga dikenal dengan sebutan SNSD ini adalah salah satu grup paling ikonik dari Hallyu Wave. Mereka juga bahkan dikenal sebagai pelopor ekspansi K-Pop ke dunia internasional.

Kesuksesan mereka telah berjalan selama 10 tahun dan masih terus berlanjut. Girl’s Generation merupakan salah satu artis K-Pop terlaris, dengan penjualan lebih dari 5 juta album dan 30 juta single digital.

8. G.O.D - 5,161,611

G.O.D!

Penggemar K-Pop saat ini mungkin mengenal Park Joon Hyung lewat berbagai variety show Korea. Namun, ternyata sebelum solo karir seperti sekarang ia merupakan member dari salah satu idol grup terkenal yang bernama G.O.D.

Grup ini merupakan salah satu boyband K-Pop paling sukses dan diberi julukan “The Nations Group” karena daya tarik utama dan kepribadian mereka yang ramah-publik.

Meski mereka debut saat Korea Selatan baru saja pulih dari krisis keuangan 1997, mereka memegang rekor untuk album terlaris. Dengan penjualan mencapai 1,441,209 copy hanya dalam waktu satu bulan. Bahkan kabarnya rekor ini belum terpecahkan.

9. DJ DOC - 5,103,336

DJ DOC adalah sebuah trio hip hop yang debut pada 1994 dan menjadi salah satu grup ikonik di industri musik Korea Selatan. Mereka bahkan diundang untuk tampil pada Olimpiade Musim Dingin 2018.

DJ DOC.

Kalau grup K-Pop pada zaman ini dikenal dengan citra mereka yang sopan dan terkontrol, DJ Doc justru tidak demikian. Mereka memicu banyak kontroversi pada 1990-an dengan lagu-lagu mereka yang memiliki lirik yang kritis terhadap pemerintah Korea Selatan.

Namun karena sikap menantang dan kebebasan berbicara serta ekspresi artistik tersebutlah yang membuat mereka dikenal.

10. COOL - 4,957,526

Cool terkenal dengan lagu-lagunya yang ringan dan nge-pop.

Mereka memulai debut pada 1994 dan merupakan salah satu grup pop Korea yang paling awal dan paling berpengaruh. Member Cool juga tidak hanya terdiri dari satu gender saja, mereka memiliki dua laki-laki dan satu perempuan.

Mereka sangat terkenal di Korea Selatan dan terkenal karena lagu mereka yang ringan dan populer. Cool memiliki andil yang sangat besar untuk kesuksesan dan keberlanjutan K-Pop di abad ke- 21.

KOREA BOO

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments