hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

22 Mei 2019, 15:00 WIB

INDONESIA

Menikmati liburan di laut, pantai, atau danau memang seru dan menyenangkan. Namun, enggak semua perairan bisa jadi tempat bermain yang asyik dan aman.

Beberapa perairan di planet kita ini memang indah bila dipandang dari kejauhan, tetapi sangat tak disarankan untuk didatangi. Berikut 9 perairan paling berbahaya yang ada di dunia dilansir dari situs Brightside.

1Great Blue Hole, Belize

Great Blue Hole, Belize. (BRIGHTSIDE)

Arus yang ada di laut Great Blue Hole, Belize ini membentuk semacam pusaran yang dapat menarik apapun yang ada di permukaannya. Meski begitu, masih banyak yang penasaran melihat langsung perairan ini. Namun menurut oseanografer, Jacques Cousteau, The Great Blue Hole ini adalah salah satu tempat terbaik di bumi untuk melakukan diving.

2Sumur Jacob, Texas, US

Sumur Jacob, Texas, US. (BRIGHTSIDE)

Sumur besar dengan kedalaman 9 meter ini adalah salah satu tempat diving paling berbahaya di dunia. Pasalnya, di dasar sumur Jacob ini terdapat beberapa pintu masuk menuju gua yang luas, di mana penyelam sering hilang di dalamnya.

3Danau Michigan, US

Danau Michigan, US. (BRIGHTSIDE)

Danau Michigan ini terkenal sama berbahayanya dengan Segitiga Bermuda karena di atas danau inilah peristiwa kecelakaan pesawat Amerika Utara pernah terjadi tanpa sebab. Danau ini dikenal berbahaya karena sering menimbulkan fenomena arus mendadak yang menurut beberapa sumber, menghabiskan puluhan nyawa setiap tahunnya.

4Danau Latron, Tanzania

Danau Latron, Tanzania. (BRIGHTSIDE)

Danau Latron merupakan salah satu danau terasin dan terbanyak mengandung alkali di bumi. Kerak garam di permukaan perairannya sering kali tampak berwarna kemerahan. Dan, suhu airnya bisa mencapai 50 derajat celcius. Enggak ada kehidupan di dalam perairan ini selain bagi tiga jenis ikan tertentu yang sudah beradaptasi dengan lingkungan air danau ekstrem ini.

5Blue Hole, Dahab

Blue Hole, Dahab. (BRIGHTSIDE)

Blue Hole ini juga merupakan salah satu diving spot paling berbahaya di dunia karena banyak penyelam yang tewas di dalam gua sedalam 121 meter ini. Penyelam profesional sebenarnya bisa menyelam di sini tanpa masalah. Penyebab kematian biasanya adalah kurangnya kapasitas udara saat penyelam naik ke permukaan.

6Danau Horseshoe, US

Danau Horseshoe, US. (BRIGHTSIDE)

Danau ini mematikan, karena adanya emisi karbon dioksida yang menguap dari dasar Danau Horseshoe. Empat orang pernah meninggal dunia di danau ini, bahkan pohon-pohon yang tumbuh 100 hektar di sekitar danau juga tidak bisa hidup. Tanda bahaya terpasang di sejumlah titik dekat danau ini.

7Danau Mendidih, Dominika

Danau Mendidih, Dominika. (BRIGHTSIDE)

Danau pegunungan ini memiliki temperatur hampir mendidih yaitu 92 derajat celsius. Panas berasal dari dasar danau yang dekat dengan cairan lava. Berenang di dalam danau ini sangat dilarang keras meskipun tidak ada buih mendidih di permukaan danau, namun suhunya tetap bisa mendidihkan siapa pun yang masuk ke dalamnya.

8Rio Tinto, Spanyol

Rio Tinto, Spanyol. (BRIGHTSIDE)

Penggalian fosil yang masif selama 3000 tahun, membuat sungai Rio Tinto ini sangat pekat dengan tembaga dan besi berat lainnya. Tingkat keasaman air sungai ini juga sangat tinggi. Warna airnya kemerahan, karena adanya bakteri yang mampu mengoksidasi besi hidup di dalam sungai ini.

9Danau Kivu

Danau Kivu. (BRIGHTSIDE)

Danau ini memang kelihatan tenang, tapi ada hal mematikan di dalamnya yaitu lapisan karbon dioksida dan 55 milyar meter kubik metana di dasarnya. Bahkan, gempa sekecil apa pun bisa menyebabkan ledakan besar, yang mampu menguapkan lebih dari 2 juta orang yang tinggal di sekitar Kivu.


BRIGHTSIDE|POPSUGAR AUSTRALIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments