hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 Mei 2019, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Saat ini semakin banyak orang yang mulai peduli pada kesehatan. Tetapi ternyata masih banyak juga sepertinya yang belum tahu bahwa peralatan masak yang digunakan saat memasak juga sama pentingnya dengan bahan makanan yang dimasak itu sendiri.

Bahkan kalau kamu menjalani diet paling sehat sekalipun, dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan jika peralatan masak kamu ternyata mengandung racun. Nah, berikut peralatan memasak yang perlu kamu perhatikan penggunaannya.

1Teflon

Teflon yang terbuat dari polimer plastik dan besi cor asli. (BRIGHTSIDE)

Lapisan anti lengket pada teflon ini sebenarnya terbuat dari lapisan polimer plastik yang mulai menjadi racun ketika dipanaskan dengan suhu di atas 572 derajat Fahrenheit. Ketika dipanaskan pada suhu tersebut, maka akan mengeluarkan asap beracun yang menyebabkan gejala mirip flu yang disebut demam asap polimer, atau juga flu teflon.

Senyawa kimia lain yang ditemukan pada teflon adalah asam perfluorooctanoic yang dapat memicu berbagai macam kanker. Seperti kanker payudara, prostat, dan ovarium. Meskipun jumlah senyawa ini katanya cukup sedikit dan enggak berisiko bagi manusia, perlu kamu ketahui bahwa senyawa ini juga banyak ditemukan dalam banyak hal lainnya yang dipakai sehari-hari.

Teflon yang terbuat dari polimer plastik berbahaya bagi kesehatan. (BRIGHTSIDE)

Peralatan masak anti lengket lainnya yang enggak mengandung kedua senyawa di atas hanya aman digunakan ketika pelapisnya utuh. Jika sudah terkelupas, semua penggunaan peralatan masak itu harus dihentikan segera setelahnya.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan peralatan masak dari besi cor asli. Selain sehat, peralatan masak ini juga memanaskan secara merata.

2Peralatan masak dari aluminium

Panci atau peraltan masak yang berbahan aluminium lebih berbahaya dari yang terbuat dari kaca. (BRIGHTSIDE)

Aluminium sangat sering digunakan sebagai peralatan memasak. Selain karena sumber dayanya sangat melimpah, jenis logam ini sangat kuat, ringan, fleksibel dan juga dapat di daur ulang. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata Aluminium adalah logam neurotoksik.

Jadi aluminium termasuk sebagai logam yang memicu berbagai penyakit sistem saraf pusat, seperti Alzheimer. Meskipun peralatan masak aluminium biasanya dilapisi, pelapisnya sangat rawan pecah dan berpotensi melepaskan logam beracun ke makanan kamu.

Nah, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan peralatan memasak yang terbuat dari kaca. Pilihan ini jauh lebih aman. Apalagi peralatan masak dari kaca enggak akan mengeluarkan racun apapun.

3Peralatan masak dari tembaga

Peralatan masak yang terbuat dari tembaga. (BRIGHTSIDE)

Seperti beberapa logam lainnya, tembaga punya peran penting dalam kesehatan manusia apabila dalam Jumlah kecil. Tetapi jika dalam jumlah berlebih, itu dapat membuat tubuh keracunan logam berat.

Apalagi saat peralatan masak tembaga tersebut sudah enggak mempunyai lapisan. Dan digunakan memasak makanan yang asam. Jika dibiarkan peralatan tersebut dapat menyebabkan logam tercampur dengan makanan.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan peralatan memasak stainless steel. Selain sehat, peralatan masak ini juga tahan terhadap goresan dan pastinya antilengket. Menariknya lagi peralatan masak tersebut juga tahan lama.

4Peralatan masak berlapis keramik

Peralatan masak berlapis keramik. (BRIGHTSIDE)

Peralatan masak satu ini juga sepertinya menjadi pilihan utama dan terlihat sangat aman. Tapi kamu harus tahu, meskipun masuk dalam kategori aman tetap saja ada hal penting yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan peralatan masak jenis ini.

Lapisan keramik lunak hanya dapat digunakan selama beberapa bulan, karena dalam jangka waktu tersebut lapisannya akan terkelupas. Setelah itu terjadi, maka timbal dan kadmium yang kadang ditemukan pada lapisan tersebut akan ikut terkonsumsi bersama makanan yang dimasak di atasnya.

Keracunan timbal merupakan salah satu jenis keracunan logam paling berbahaya. Karena dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari sakit perut, sakit kepala, bahkan hingga infertilitas atau kemandulan.

Hal yang bisa kamu lakukan sebagai alternatif adalah menggunakan peralatan masak yang berbahan dasar keramik 100%. Ini adalah salah satu peralatan masak yang aman dan terbaik. Selain itu, peralatan masak jenis ini juga tidak mengandung racun dan tahan lama, walaupun agak mahal.

BRIGHT SIDE

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments