hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 Mei 2019, 11:15 WIB

INDONESIA

Pernahkah enggak sih, kamu membayangkan bisa masak pizza dengan pinggiran crispy, tapi yang malah adonannya enggak matang? Atau mungkin kamu pernah mengikuti resep membuat cupcake, tapi hasilnya enggak seperti yang dibayangkan?

Jangan kecewa dulu, karena hal-hal tersebut dapat diperbaiki dengan mudah. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan memasak dengan mudah. Dan, tentu saja enggak perlu mengeluarkan banyak uang.

1Membuat pizza dengan cepat

Membuat pizza dengan cepat. (BRIGHTSIDE)

Untuk membuat pizza dengan pinggiran renyah dan enak, kamu harus mengetahui triknya. Yakni, suhu yang digunakan haruslah suhu oven yang paling tinggi.

Panaskan oven selama 30 menit. Lalu panggang adonan pizza selama 5-10 menit, tergantung pada tingkat kepanasan oven.

2Memasak nasi tanpa rice cooker

Memasak nasi tanpa rice cooker. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu enggak memilki rice cooker di rumah. Atau ingin coba masak nasi dengan cara lain, mungkin kamu bisa lakukan tips ini. Salah satu yang bisa digunakan adalah teflon. Tapi, terkadang bagian paling menyebalkan saat memasak nasi menggunakan alat ini ialah ketika nasi menjadi terlalu lengket. Dan berakhir seperti bubur.

Cobalah untuk menggorengnya sebentar, dengan sedikit minyak dan mentega. Kalau beras udah kelihatan enggak transparan lagi, tambah sedikit air untuk menutupi nasi dan didihkan selama 15-20 menit.

3Memanggang ayam dengan benar

Memanggang ayam dengan benar. (BRIGHTSIDE)

Dada ayam lebih cepat matang dibandingkan bagian kaki ayam. Untuk membuat ayam yang dipanggang matang secara merata, kamu bisa menaruh beberapa es batu di dada ayam selama 30 menit sebelum dimasak.

Atau kamu juga bisa langsung memasukkan ayam tersebut ke dalam oven dengan posisi punggung di atas. Lalu, 50 menit kemudian balik posisi ayam dan lanjutkan memasak. Jangan lupa rendam kulit ayam dengan handuk basah sebelum dimasak, untuk ayam bakar dengan rasa yang lebih enak.

4Membuat daging yang keras menjadi enak

Membuat daging yang keras menjadi enak. (BRIGHTSIDE)

Teknologi sous-vide memungkinkan kamu memasak daging dengan tetap memertahankan kesegarannya. Sayangnya peralatan tersebut menghabiskan banyak uang.

Tenang, kamu bisa menghemat banyak uang hanya dengan menggunakan plastic wrap. Selain itu, kamu juga membutuhkan penggorengan besar dan termometer.

Masukkan sedikit minyak dan bumbu yang kamu inginkan pada daging. Kemudian bungkus daging dalam beberapa lapis plastic wrap dan masukkan dalam air bersuhu 71°C.

Akan membutuhkan sekitar 2 jam untuk memasak daging ukuran sedang.Namun pastikan suhu enggak lebih dari 71°C. Setelah itu, biarkan daging selama 15-20 menit, kemudian lepas plastic wrap dan goreng di penggorengan.

5Kupas wortel sebelum direbus

Kupas wortel sebelum direbus. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu mau mempertahankan warna pada wortel rebus, maka kamu sebaiknya mengupasnya dulu sebelum direbus. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi dengan cara ini warna wortel enggak akan pudar meskipun telah direbus.

6Jangan berhenti makan mayo

Buat mayo sendiri yang lebih murah dan sehat. (BRIGHTSIDE)

Semua orang tahu bahwa mayo bukanlah pilihan yang baik untuk yang lagi diet. Namun ada sebuah cara untuk mengakali hal tersebut. Yang harus kamu lakukan hanyalah mengganti telur dengan susu biasa.

Pilih resep favorit kamu untuk membuat mayo, dan tambahkan susu sebagai pengganti telur. Susu yang digunakan harus dua kali lebih sedikit daripada takaran mentega. Dengan cara ini, mayo yang dihasilkan akan sama lezatnya, tapi lebih sehat.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments