hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 Mei 2019, 12:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu seorang muslim pasti kamu sering mendengar pertanyaan “Apakah puasa bisa menurunkan berat badan?” atau “Kalau sedang puasa berarti kamu enggak bisa sikat gigi dong?”. Bahkan terkadang masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan unik dan mitos lainnya yang muncul ketika kamu sedang berpuasa, seperti beberapa hal di bawah ini:

Kamu tidak dapat berhubungan intim dengan pasangan selama sebulan penuh.

Sebenarnya tentu saja kamu tidak dapat memiliki ‘waktu khusus’ bersama pasanganmu ketika kamu sedang berpuasa. Namun, kamu tetap bisa memiliki ‘waktu khusus’ tersebut setalah waktu berbuka puasa. Selain itu jangan lupa pastikan kamu dan pasangan sudah halal ya.

Berat badanmu akan turun ketika berpuasa.

Pernyataan ini sepertinya tidak sepenuhnya benar. Karena alih-alih menurunkan berat badan, selama Bulan Ramadhan biasanya kita justru akan mengalami kenaikan berat badan. Apalagi dengan banyaknya godaan berbagai makanan enak selama buka puasa.

Mengumpat atau mengucapkan kata-kata kasar membatalkan puasa.

Kita tidak mungkin langsung tiba-tiba menjadi ustaz atau ustazah hanya karena sedang berpuasa bukan? Kadang-kadang tanpa sengaja kita tidak sadar mengucapkan kata-kata kasar, tapi itu tidak membatalkan puasa kita. Hanya saja itu dianggap makruh atau menjijikkan di mata Tuhan yang mengurangi pahala kita tetapi tidak benar-benar membatalkannya.

Tidak bisa ikut merayakan hari raya karena tidak berpuasa sebulan penuh.

Hal ini biasanya digunakan untuk menakuti anak-anak yang malasa berpuasa. Lagipula, siapa yang akan memeriksa apakah kita berpuasa penuh atau tidak? Hari raya Idul Fitri adalah perayaan yang meriah untuk semua umat Islam dan seharusnya menjadi hak bagi semua umat muslim untuk merayakannya. 

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments