hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Penyebab terjadinya penyakit punggung atau tulang belakang enggak jarang adalah gaya hidup yang kurang aktif. Dan kebiasaan memegang atau menggunakan gadget dengan enggak tepat.

Ada banyak penyebab penyakit tulang punggung, tapi enggak sedikit di antaranya berasal dari pola hidup kamu sendiri. Dan berikut adalah beberapa yang patut kamu ketahui.

1Merokok

Merokok dapat menyebabkan sakit punggung. (BRIGHTSIDE)

Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya. Namun, di antara bahaya lainnya, merokok dapat menyebabkan sakit punggung. Karena nikotin mengganggu aliran darah normal di sekitar sumsum tulang belakang.

2Gangguan ritme sirkadian

Gangguan ritme sirkadian. (BRIGHTSIDE)

Peneliti menemukan bahwa kondisi sel dalam disk intervertebral secara langsung bergantung pada seberapa stabil siklus siang dan malam harimu. Menurut para ilmuwan, ketika ritme sirkadian terganggu karena usia, insomnia kronis, dan shift malam, sel-sel ini mulai berfungsi buruk. Dan mengarah ke peradangan kronis. Sehingga membuatmu lebih rentan terhadap perkembangan rasa sakit di punggung bawah dan degenerasi disk intervertebralis.

3Bekerja sambil berdiri

Bekerja sambil berdiri. (BRIGHTSIDE)

Posisi kamu berdiri berdampak besar pada kondisi leher, tulang belakang, dan bahumu. Postur yang salah dapat menimbulkan konsekuensi buruk yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang. Dan menyebabkan nyeri kronis, serta kelengkungan yang serius.

Untuk menghindari postur yang buruk, kamu perlu berdiri, duduk dan berbaring dengan tekanan seminimal mungkin pada otot dan ligamen. Terutama saat bergerak dan melakukan olahraga.

4Memakai sepatu yang salah

Memakai sepatu yang salah. (BRIGHTSIDE)

Sakit punggung dapat disebabkan oleh penggunaan sepatu yang enggak nyaman. Kurangi ketegangan pada kaki dengan memilih sepatu yang lebih berkualitas. Kalau kamu lebih memilih sepatu kets atau suka memakai sepatu bot saat musim hujan, kenakan kaus kaki untuk mengurangi gesekan dan ketidaknyamanan.

5Kurang istirahat

Kurang istirahat. (BRIGHTSIDE)

Sedikit dari kita yang menyadari saat tulang belakang memberi sinyal kelelahan. Ketika kamu mulai merasa lelah dan punggung jadi kaku, segeralah beristirahat. Cara mudahnya, berbaringlah dan naikkan kedua kakimu lurus ke atas. 

6Stres pekerjaan

Stres pekerjaan. (BRIGHTSIDE)

Para ilmuwan dari Australia telah membuktikan bahwa penyakit tulang belakang tersebar luas di antara orang-orang yang merasa enggak puas dengan pekerjaan mereka. Para peneliti enggak menemukan masalah fisiologis apa pun, lantas rasa sakit itu murni faktor psikologis.

7Tekanan mental terlalu tinggi

Tekanan mental terlalu tinggi. (BRIGHTSIDE)

Terkadang, otakmu bekerja terlalu keras untuk waktu yang lama sehingga menyebabkan sakit punggung. Cobalah memikirkan sesuatu selain pekerjaan dan permasalahanmu.

Beri dirimu waktu untuk beristirahat dengan olahraga atau menonton film untuk melupakan masalah yang menyebabkan dirimu stres. Kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang lain dapat mengurangi peluang menderita sakit punggung.

8Penggunaan gadget

Penggunaan gadget. (BRIGHTSIDE)

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa membaca pesan teks singkat dapat menambah hingga 45 lb tekanan pada sumsum tulang belakang. Coba pikirkan deh, 45 lb hanya karena kamu mengirim SMS?

Menggunakan ponsel setiap hari menyebabkan hilangnya kurva alami tulang belakang leher dan beban yang lebih berat di bagian tulang belakang, terutama pada remaja. Para ilmuwan menghitung bahwa orang menggunakan ponsel rata-rata 2-4 jam sehari. Yang berarti leher kita dibengkokkan selama 700 hingga 1.400 jam dalam setahun.

9Kurang olahraga

Kurang olahraga. (BRIGHTSIDE)

Jangan menghindari olahraga, terutama olahraga yang melatih fleksibilitas tulang belakang seperti yoga. Penting bagi tubuh untuk terus bergerak agar otot-otot rileks dan meregang perlahan. Secara bertahap tingkatkan jumlah latihan dan kompleksitasnya, dan teruslah banyak bergerak.

 

BRIGHTSIDE| MEDICAL DAILY

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments