hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

15 Mei 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Apakah kamu sering merasakan otot tubuh kaku dan sakit? Biasanya itu disebabkan kurangnya perenggangan. Perenggangan sangat penting, karena bisa membuat otot tubuh kamu lemas, fleksibel sehingga tidak sakit. Untuk kamu yang seharian beraktivitas di depan layar komputer, pastikan melakukan perenggangan secara berkala. Dilansir dari Brightside, berikut perenggangan sederhana yang dapat dilakukan!

 

1. Perenggangan Leher

BRIGHTSIDE

Latihan Owl merenggangkan otot yang membungkus tulang dada dan tulang selakangka hingga belakang telinga. Caranya:

  • Luruskan badan, rilekskan bagian atas tubuh. Perlahan putar kepala Anda ke sisi kanan sampai dagu Anda berada di atas bahu dan sejajar dengan lantai.
  • Dalam posisi tersebut, arahkan dagu ke arah bahu dan tahan selama 30 detik.
  • Ulangi gerakan tersebut di sisi sebelah kiri. Untuk efek yang lebih baik, sedikit pegang kepala Anda dengan tangan kanan atau kiri.

2. Perenggangan leher dan bagian atas punggung

BRIGHTSIDE
  • Lakukan dalam posisi duduk, pastikan punggung dalam keadan tegak dan tahan pinggul ke kursi Anda.
  • Tekuk siku Anda dan letakkan telapak tangan di belakang kepala Anda tepat di bagian atas leher. Dalam posisi ini, selipkan dagu ke arah dada.
  • Tahan selama 30 detik, kemudian angkat kepala Anda secara perlahan dan lepaskan tangan Anda. Anda juga dapat menambahkan beban dengan cara menekan ke kepala ke bawah dengan telapak tangan.

3. Perenggangan bahu

BRIGHTSIDE

Pose eagle merenggangkan bagian belakang bahu dan bagian atas punggung. Caranya:

  • Raih tangan ke setiap sisi lalu silangkan di depan Anda, siku kiri di atas siku kakan dan tangan mengarah ke arah langit.
  • Jika Anda tidak dapat memegang pergelangan tangan Anda (sehingga  telapak tangan Anda saling bersinggungan), letakkan kedua tangan di bahu yang berlawanan lalu selipkan dagu ke arah dada. Angkat kedua siku sehingga lengan atas Anda sejajar dengan lantai.
  • Tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan tersebut setelah menukar posisi tangan.

4. Gerakan 90,90 untuk merenggangkan otot bahu dan dada

BRIGHTSIDE
  • Berdirilah di sebuah pintu, angkat kedua tangan ke atas sehingga siku anda membentuk sudut 90° dan lengan Anda membentuk sudut 90° dengan bahu Anda.
  • Luruskan punggung Anda dan langkahkan dengan satu kaki ke depan. Condongkan tubuh ke arah depan.
  • Tahan posisi tersebut selama 20-30 detik. Ulangi sebanyak 2-3 kali.

5. Perenggangan punggung atas

BRIGHTSIDE

Latihan ini merenggangkan punggung dan otot trapesius. Caranya:

  • Angkat tangan kanan Anda dan luruskan ke atas kepala. Tekuk bagian siku sehingga tangan kanan Anda menyentuh bagian punggung atas.
  • Taruh kangan kiri di siku kanan dan  tarik lengan kanan ke arah kiri degan perlahan. Kemudian tekuk tubuh dalam garis lurus ke kiri (pastikan Anda tidak bersandar ke depan atau belakang).
  • Tahan posisi tersebut selama 20-30 detik, lalu lakukan pada sisi satunya.

6. Perenggangan punggung bawah

BRIGHTSIDE

Latihan ini akan bekerja pada otot punggung, perut, dan kaki. Caranya:

  • Berdirilah di dekat dinding, kemudian cobalah untuk bersandar hingga tulang punggung Anda menempel dinding.
  • Secara perlahan turunkan posisi tubuh hingga lutut Anda membentuk sudut 90°.
  • Tahan selama 10 detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 8-12 kali.

7. Perenggangan rotasi, bekerja pada otot punggung

BRIGHTSIDE
  • Duduklah di sebuah kursi, pastikan kaki Anda berada di lantai. Putar tubuh ke arah kanan, pastikan pinggung Anda tetap tegak dan tulang belakang Anda tinggi. Posisikan tangan Anda di belakang kepala.
  • Anda juga bisa meletakkan tangan kiri Anda di lutut kanan atau tangan kanan di lutut kiri. Tahan posisi tersebut selama 10 detik dan ulangi latihan tersebut, ke kanan dan ke kiri. Ulangi selama 3-5 kali.

8. Superman, bekerja untuk punggung bagian ekstensor

BRIGHTSIDE
  • Berbaringlah di matras lalu renggangkan kedua tangan ke arah depan. Kemudia angkat kedua tangan dan kaki.
  • Coba tarik pusar Anda untuk merenggangkan otot-otot yang lain.
  • Jaga kepala dan lengan tetap lurus, kemudian tahan selama 2 detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 10 kali.

BRIGHTSIDE

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments