hero
(NET)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

15 Mei 2019, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Milyaran orang di seluruh dunia menggunakan media sosial  Instagram untuk mengekspresikan diri, berbagi cerita, dan berinteraksi dengan orang-orang yang mereka sayangi. Untuk itu dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, media sosial Instagram meluncurkan filter bertema Ramadan untuk pertama kalinya di Instagram Stories bagi seluruh penggunanya di seluruh dunia. Filter bernama "Lantern" ini dapat ditemukan di Instagram Stories sejak tanggal 5 Mei hingga 5 Juni 2019 mendatang. 

Penampakan filter "Lantern" di Instagram Stories yang dapat digunakan hanya pada bulan Ramadan. (Instagram)

Menampilkan ornamen bulan sabit dan beragam pilihan desai saat diketuk, "Lantern" menjadi satu dari sekian banyak pilihan filter yang dapat digunakan untuk berbagi stories. Untuk melihat pilihan desain yang ditawarkan, pengguna hanya cukup mengetuik bagian tengah layar ponselnya. "Kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories," ungkap Putri Silalahi, Communications Manager Instagram Asia-Pacific, di acara Buka Puasa Bersama Instagram di Ruang Komunal Facebook Indonesia, One Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Mei 2019.

Stiker GIF bertema ramadan yang dapat diakses di Instagram Stories selama bulan Ramadan. (Instagram)

Selain filter "Lantern", Instagram juga berkolaborasi dengan lima kreator Indonesia untuk menciptakan stiker GIF berisikan pesan singkat yang kerap dibagikan pada momen-momen penting di bulan ini. Momen-momen seperti sahur, ngabuburit, berbuka puasa, selamat lebaran hingga ucapan "Mohon Maaf Lahir Batin" menjadi sekian stiker dari bermacam-macam stiker serupa lainnya. Lima kreator tersebut masing-masing adalah Ryan (@_thepopop), Puty Puar (@byputy), Dinda Puspitasari (@dindaps), Irfan Nugroho (@bulletos), terakhir Haikal (@wastanahaikal). Untuk menemukan stiker-stiker GIF bertema Ramadan ini, pengguna tinggal mengetik "Ramadan Instagram" pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories.

Putri Silalahi, Communications Manager Instagram Asia-Pacific saat berikan presentasi dalam acara Buka Bersama Instagram di Ruang Komunal Facebook Indonesia, One Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (14/5). (NETZ/ Albert Williancoen)

"Lewat inisiatif ini kami berharap karya mereka bisa ditemukan dan diapresiasi oleh lebih banyak orang lagi," sambung Putri.

Foto bareng peserta acara Buka Bersama Instagram di Ruang Komunal Facebook Indonesia, Jakarta Selatan. (Instagram)

Pada bulan Ramadan di Indonesia, Instagram merekam peningkatan volume penggunaan Instagram Stories sebesar 28% dibanding bulan-bulan sebelumnya. Berdasar data 6 bulan terakhir yang dirilis Instagram, terdapat 5 tagar terkait Ramadan yang paling dicari oleh pengguna di Indonesia masing-maing adalah #bukber, #gamissyari, #bajulebaran, dan #ramadhan. So Good People, apakah kamu sudah mencoba stiker dan filter Ramadan di Instagram Stories ini?

ALBERT WILLIANCOEN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments