hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

15 Mei 2019, 12:05 WIB

CINA

Kebakaran adalah salah satu bencana yang paling merusak, selain itu bencana ini juga menghasilkan asap tebal yang berbahaya bila terhirup. Bahkan saking berbahayanya banyak juga korban kebakaran yang memilih untuk melompat dari dalam bangunan agar tidak terbakar atau mati lemas akibat asap.

Syukurnya penghuni sebuah gedung di timur laut Cina tidak perlu menempuh langkah ekstrem karena mereka diselamatkan oleh seorang pemuda berusia 19 tahun. Ketika kebakaran tersebut terjadi pada 2 Mei 2019 lalu, pemuda yang bernama Lan Junze itu adalah seorang operator crane yang bertugas disebuah lokasi konstruksi di Fushun, Provinsi Liaoning.

Pada saat kebakaran terjadi api muncul dari sebuah lantai dasar toko kelontong dan menyebar dengan sangat cepat ke tujuh lantai lainnya digedung tersebut. Asap yang dihasilkan oleh api menjadi begitu pekat sehingga para penghuni berjuang untuk melarikan diri dari apartemen mereka.

Untungnya dilansir dari World Of Buzz pada 14 Mei 2019, mereka berhasil untuk keluar dari bangunan tersebut ketika Lan menolong mereka yang berada di lantai atas dengan crane miliknya. Walaupun kesulitan karena pandangannya terhalang oleh asap dan kabel listrik, Lan berhasil menyelamatkan 14 orang dalam waktu 30 menit.

“Saat itu aku hanya menyelamatkan orang-orang, aku tidak punya banyak waktu” tutur Lan. Bertepatan dua hari kemudian pada 4 Mei merupakan hari pemuda di Cina, kisah Lan menjadi viral dan netizen menyebut Lan sebagai pahlawan dengan julukan “Crane Man”.

Tidak hanya itu Lan juga mendapat penghargaan pada 12 Mei lalu. Penghargaan tersebut diberikan oleh pemerintah lokal Fushun dan perkumpulan wanita Fushun yang diberikan kepada keluarga Lan dengan gelar kehormatan “Keluarga Terbaik”. Menurut Lan keluarganyalah yang mengajarkannya untuk membantu yang lain ketika mengalami kesusahan.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments