hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

14 Mei 2019, 17:05 WIB

CINA

Dalam sebuah acara bernama Ali Day yang diadakan Alibaba, pendirinya sekaligus pemiliknya Jack Ma mengutarakan hal yang cukup menarik perhatian. Orang terkaya di Cina ini mengeluarkan pernyataan bahwa karyawannya harus melakukan aktivitas seksual enam kali seminggu.

Acara yang sudah digelar untuk ke-15 kalinya ini dihadiri oleh lebih dari 100 pengantin baru dan pasangan. Jack Ma sebelumnya mendapat masalah pada April lalu atas pernyataannya yang mendukung pola kerja 996. Pola kerja ini mengharuskan karyawan bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, 6 hari seminggu.

“Kita menekankan budaya 996 dalam kerja, kita juga menginginkan budaya 669 dalam hidup. Apa itu 669? Enam hari, enam kali, dengan waktu yang lebih lama sebagai kunci,” jelas Jack Ma dalam pidatonya.

Dalam bahasa Cina kata “panjang” adalah homophone untuk kata “sembilan”, kebalikan dari 996 yang terkenal mendorong seseorang untuk bekerja sekarang ada 669 yang mendorong aktivitas seksual harian yang panjang.

Tidak hanya berhenti disitu, kata-kata Jack Ma tersebut juga diunggah di akun Weibo Official Alibaba. Selain itu, pesan dari Jack Ma tersebut juga dinilai menggemakan niat pemerintah Cina untuk meningkatkan angka kelahiran. Terlebih sejak kebijakan satu anak dicabut karena krisis demmografis yang akan datang.

Namun, pernyataan Ma ini mendapat berbagai respon pro dan kontra dari netizen. Ada yang menilai Ma menggambarkan pria yang merasa benar sendiri dan acuh tak acuh terhadap nilai dan hambatan yang dihadapi oleh wanita. Netizen lainnya menyoroti masalah kesehatan yang akan timbul dari budaya tersebut.

WORLD OF BUZZ

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments