hero
(Pixabay)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

9 Mei 2019, 12:05 WIB

INGGRIS

Makan adalah salah satu kebutuhan yang harus kita penuhi agar tetap bertahan hidup. Seringkali kita pasti mengeluh ketika harus terlambat makan, apalagi di bulan puasa seperti ini. Tapi bagaimana jadinya kalau kamu harus tidak makan selama satu tahun lebih?

Ternyata walaupun kedengarannya mustahil ada loh yang berhasil tidak makan selama 382 hari. Hal ini dicatat dalam sebuah jurnal medis tua yang membuktikan secara ilmiah bahwa pernah ada seorang pria yang berhasil tidak makan selama setahun lebih.

Dikutip dari Oddity Central pada 8 Mei 2019, dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 1973 didokumentasikan seorang pria berusia 27 tahun asal Skotlandia yang mengalami obesitas parah. Pria ini putus asa untuk menurunkan berat badannya.

Pria tersebut akhirnya menjalani tantangan ekstrem untuk melakukan puasa panjang dengan tujuan menurunkan berat badan. Menurut dokter di Fakultas kedokteran Universitas Dundee, pria tersebut berhasil menurunkan berat badannya dari 206 kg menjadi 88 kg setelah menjalani puasa tersebut.

Puasa ini bahkan tercatat sebagai rekor puasa terlama oleh Guiness Book Of Recods tahun 1971. Selama menjalani puasa panjang tersebut, pria yang bernama Angus Barberi itu tidak makan makanan solid apapun.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan Barberi selama berpuasa, ia rutin mengunjungi rumah sakit untuk melakukan tes darah dan tes urin. Para Dokter juga menggunakan hasil tes ini untuk memperkenalkan suplemen dan memperbaiki kekurangan apapun.

Walaupun terkesan tidak mungkin tetapi ternyata rencana ini benar-benar berhasil dan Barberi tetap sehat. Pada 2012 seorang ilmuwan Australia, Dr. Karl Kruszelnick menjelaskan bahwa setelah dua atau tiga hari berpuasa lemak akan digunakan sebagai sumber energi untuk seluruh tubuh, bahkan otak.

ODDITY CENTRAL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments