hero
(SELF)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

7 Mei 2019, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bulan Ramadhan mengharuskan Umat Muslim berpuasa. Tapi hal itu terkadang membuat kita jadi memiliki alasan untuk enggak berolahraga. Padahal kita tetap bisa melakukan rutinitas tersebut loh, meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga nih. Karena ketika berpuasa, kondisi tubuh kamu pasti akan sedikit berbeda.

Dikutip dari Xpose.Ie, menurut dokter Farah Gilani  berolahraga ketika berpuasa tetap dapat dilakukan. Namun, tetap harus memerhatikan intensitas latihan. Selain itu, meski berolahraga saat berpuasa bisa dilakukan, namun menurutnya Ramadhan mungkin bukan waktu terbaik untuk berolahraga. Hal ini juga dikarenakan tubuh sudah menyesuaikan diri dengan perubahan selama berpuasa.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah jalan santai. (HEALTH.CLEVELANDCLINIC)

“Pastikan pola makan bervariasi dan seimbang, terutama dengan banyak protein tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran,” ujar dr. Farah.

Sedangkan, menurut seorang instruktur kebugaran, Richard Scrivener menyatakan bahwa hidrasi menjadi konsen terbesar. Ketika memutuskan untuk tetap berolahraga selama bulan Ramadhan.

“Olahraga ringan dengan volume yang rendah dan enggak menyebabkab keringat yang signifikan adalan pilihan yang terbaik.” Jelas Richard.

Richard juga menyarankan agar memilih olahraga yang lebih banyak mengutamakan mobilitas dan peregangan otot seperti Yoga dan berjalan santai. Jadi, bagaimana sudah siap berolahraga selama puasa?

 

XPOSE.IE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments