hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

7 Mei 2019, 15:35 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Dini hari hingga pagi hari menjadi waktu yang paling banyak digunakan oleh para pemudik dari kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat menyeberang ke wilayah Sumatera. Hal ini membuat penumpukan hingga kemacetan panjang sering terjadi di Pelabuhan Merak Banten saat arus mudik dan di Bakauheni saat arus balik.

Oleh karena itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berencana menerapkan sistem baru dalam penyeberangan pemudik ke Sumatera via Merak yakni dengan pemberlakuan skema ganjil genap.

“Distribusi penyeberangan dari mulai pagi dengan malam itu tidak seimbang. Kita akan mencoba atau mengajak masyarakat untuk nyeberang itu tidak pada jam 12 malam sampai jam 6 pagi,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi. (NET)

Ilustrasi penerapan ketentuan tersebut contohnya seperti kendaraan ber plat nomor genap mendapat kesempatan menyeberang pada pukul 6 pagi hingga 6 sore, sedangkan ganjil di jam 6 sore hingga 6 pagi. Pemberlakuan ganjil genap ini hanya diberlakukan bagi kendaraan roda empat dan tidak untuk sepeda motor.

Sementara itu, untuk jalan tol Trans Jawa rencananya juga akan diberlakukan sistem one way namun masih dalam pembahasan karena harus ada kajian kembali untuk membagi kendaraan ke jalur arteri agar tidak semua menumpuk di jalur tol. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memeriksa rangka mesin bus AKAP saat kunjungan kerja di terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka pemeriksaan angkutan dan persiapan jelang mudik Lebaran 2019. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

“Informasi awal kepada masyarakat untuk mengetahui bahwa nanti akan diberlakukan one way. Kita akan lakukan sosialisasi kalau tahun kemarin melihat situasi, kalau yang nanti kita akan tentukan waktunya, harinya kita tentukan. Tanggalnya kita tentukan, jamnya kita tentukan,” kata Budi.

Ketentuan-ketentuan ini rencananya akan difinalkan oleh Kementerian Perhubungan dan stakeholder terkait seperti Polri pada pekan depan.

RADIKA KURNIAWAN 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments