hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

7 Mei 2019, 15:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Hari ini terdakwa kasus penyebaran informasi palsu atau hoax, Ratna Sarumpaet kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang dimulai sekitar pukul 10 WIB dengan agenda pemeriksaan saksi yang meringankan terdakwa.

Tiga saksi yang memberikan keterangan kepada majelis hakim terdiri dari 2 saksi fakta dan 1 saksi ahli. Saksi pertama yang memberikan keterangan adalah Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Fahri Hamzah dihadirkan karena merupakan teman sesama aktivis dengan Ratna Sarumpaet. Dalam kesaksiannya, Fahri mengetahui foto wajah Ratna yang lebam melalui sosial media. Setelah melihat foto tersebut, Fahri pun menuliskan pernyataan keprihatinan di akun sosmednya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan) memberikan kesaksian bagi terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet (kiri) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). Sidang beragenda mendengarkan keterangan tiga saksi, salah satunya saksi meringankan Fahri Hamzah. (ANTARA FOTO/Nalendra)

Fahri juga mengetahui usai foto itu beredar, masyarakat terbagi menjadi dua kubu, yang percaya foto tersebut benar dan yang tidak percaya. Fahri mengaku termasuk kelompok yang percaya dan sempat beradu pendapat dengan dokter sekaligus penyanyi Tompi dan sejumlah orang di social media twitter terkait apa yang terjadi dengan Ratna Sarumpaet.

Fahri pun sempat bertemu sejumlah tokoh dan aktivis untuk membahas masalah ini dan berusaha mengontak Ratna Sarumpaet untuk klarifikasi, tapi tidak bisa. Keduanya baru berkomunikasi pada tanggal 3 Oktober 2019 tepat sebelum Ratna menggelar konferensi pers mengakui kebohongannya.

"Di telepon itu beliau mengatakan pada saya ‘Fahri saya minta maaf, sebentar lagi saya akan mengakhiri ini, saya akan konferensi pers dan saya akan mengakui saya berbohong’" kata Fahri menirukan ucapan Ratna.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan) berjabat tangan dengan putri dari terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan (kiri) sebelum memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). (ANTARA FOTO/Nalendra)

Fahri menegaskan kepada majelis hakim bahwa Ratna Sarumpaet sudah melakukan langkah benar dan berani dengan meminta maaf kepada publik, mengakui kesalahan dan mengklarifikasi bahwa itu adalah hoax. 

“Seluruh kontroversi yang dia buat (diakui) sebagai kesalahan dia dan dia minta maaf sudah selesai,” kata Fahri. “Karena beliau sudah ngaku, saya anggap sudah selesai," lanjut Fahri Hamzah

Sebelumnya jaksa mendakwa Ratna Sarumpaet terkait penyebaran berita bohong yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat. Pada 2 Oktober 2018, Ratna menyebarkan fotonya dengan wajah lebam dan menyebut dirinya mendapatkan penganiayaan di Bandung. Padahal, foto tersebut diambil Ratna usai dia menjalani operasi plastik di RS Bina Estetika.

SYARIFAH RAHMA | WISNU ADI NUGROHO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments