hero
Chef Justin Lee. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

4 Mei 2019, 12:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Gelombang Hallyu semakin menjadi tren di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Bukan hanya K-Pop atau K-Drama, demam Korea juga merambah dunia fashion dan makanan. Belakangan, semakin banyak orang berburu fashion dan makanan khas Korea Selatan. 

Hal ini bisa kita lihat dari menjamurnya restoran masakan Korea Selatan di penjuru Nusantara. Tidak hanya itu, bahkan beberapa hotel kerap membuat demo atau kursus memasak makanan Korea.

Para peserta demo masak. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

Meski banyak yang menyajikan makanan tradisional Korea Selatan, kadang kita masih jarang menemukan dessert alias hidangan penutup khas Negeri Ginseng tersebut. Padahal banyak loh dessert yang terbuat dari bahan makanan Korea Selatan yang bisa dibuat di Indonesia. 

Seperti yang diperagakan oleh chef Justin Lee pada acara ‘Dessert-making Performance with Pastry Chef Justin Lee’. Dalam acara yang digelar oleh Kedutaan Korea Selatan ini, chef Justin tidak hanya memperkenalkan dessert dari bahan makanan Korea Selatan aja loh. Ia juga memadukan bahan makanan Korea Selatan dan Indonesia menjadi dessert yang enak banget.

Chef Justin Lee sulap dessert. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

Di acara yang dilaksanakan pada 30 April 2019 ini, chef Justin memperkenalkan Sikhye, Sirup Omija, dan Jujube. Sikhye merupakan air yang dihasilkan dari fermentasi nasi dan ragi. Di Korea Selatan, biasanya Sikhye ini disajikan di sebagai menu pencuci mulut setelah makan. 

Sirup Omija adalah sari buah Omija, buah khas Korea Selatan yang sulit ditemukan di Indonesia. Rasa dari Sirup Omija ini kurang lebih mirip seperti Ceremai. Sementara Jujube dikenal juga dengan nama Kurma Cina. Kalau kamu pencinta drama Korea, pasti sering banget menemukan Jujube ini.

Bahan makanan khas Korea Selatan. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

Bahan-bahan khas Korea Selatan ini disulap menjadi sebuah dessert yang lumer di mulut. Mirip seperti butiran embun. Namun saat di makan, butiran ini akan pecah di mulut dan memberikan sensasi yang berbeda.

Omija Sujeonggwa Nitro Ice & Sikhye Ball. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

Selain menu-menu di atas, chef berusia 39 tahun ini juga membuat dessert dengan memadukan Doenjang dan cokelat Bali. Doenjang merupakan saus pasta yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai, mirip dengan tauco di Indonesia. 

Hanya saja rasa Doenjang lebih manis asin dibanding tauco. Biasanya Doenjang ini digunakan untuk membuat sup. Namun, Justin membuatnya sedikit berbeda. Ia memadukannya dengan cokelat Bali dan beberapa bahan lain hingga menjadi dessert yang menggiurkan.

Barley Bali, perpaduan Doenjang dan cokelat Bali. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

Meski baru pertama kali ke Indonesia, Justin Lee sudah mengenal makanan Indonesia cukup lama. Chef khusus pastry ini mengenal masakan Tanah Air dari Petty Elliot, seorang chef asal Indonesia yang sudah melanglang buana hingga Inggris. 

Selama di Indonesia, Justin mendapat inspirasi membuat dessert menggunakan bahan makanan Indonesia. Inspirasi tersebut tercetus setelah ia mengunjungi sebuah restoran di Ubud, Bali.

"Aku suka makanan Indonesia. Aku tidak pernah menemukan bunga jahe dan kelapa sebelumnya. Tapi aku tertarik untuk membuat dessert dengan memadukan keduanya,” ungkap chef Justin.

Misugaru Macaroon, Hodugwaja Madelaine, dan Indonesian Yullan. (NET.Z/Bandha Prasetyo)

Chef yang pernah bekerja di Australia ini juga mengungkapkan keinginannya agar bisa membuka restoran dessert sendiri di Indonesia. Kini, ia memiliki 7 restoran khusus dessert di Korea Selatan. Kalau kamu berencana travelling ke Negeri K-Pop, jangan lupa mampir mencoba dessert manis di sana ya.

HALIMAH TUSADIAH | BANDHA PRASETYO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments