hero
(NET)

EDITOR : ALBERT WILLIANCOEN

30 April 2019, 20:11 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Situs web berbagi video asal Amerika Serikat, Youtube kembali menggelar Youtube Pop-Up Space di The Kasablanka lantai 4, Jakarta Selatan. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya berlangsung selama 3 hari di Teater Salihara, gelaran tahun ini berlangsung lebih lama, mulai tanggal 29 April hingga 3 Mei 2019. Salah satu inisiatif yang telah berlangsung sejak tahun 2016 ini dilakukan untuk membantu pengembangan kreator Youtube khususnya di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka mengenai dunia daya cipta.

Director of Youtube Global Creator dan Artist Development, Chris Schremp berikan pemaparan pada pembukaan Youtube Pop-Up Space di The Kasablanka lantai 4, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (30/4). (NET/Albert Williancoen)

"Youtube Indonesia masuk dalam 10 besar pasar global berkat kontennya yang beragam bahkan pertumbuhan youtuber Indonesia dengani raihan 1 juta subscriber mencapai 13 akun per bulannya," ujar Director of Youtube Global Creator dan Artist Development, Chris Schremp dalam pembukaan Youtube Pop-Up Space di The Kasablanka lantai 4, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa, 30 April 2019.

Director of YouTube Global Creator and Artist Development, Chris Schremp berikan keterangan pers pada awak media di acara YouTube Pop-Up Space Jakarta, Selasa (30/4). (NET/Albert Williancoen)

Chris menambahkan bahwa perkembangan Youtube di Indonesia mengalami kemajuan pesat dengan pertumbuhan kreator lokal dengan 1 juta subscriber meningkat 5 kali lipat dari tahun 2018. "Kami melihat juga ini seiring dengan jumlah waktu konten yang di upload di berbagai kanal di Youtube di Indonesia meningkat lebih dari 2 kali lipat antara tahun 2017 dan 2018," tambah Chris.

Selain pembuatan konten, Youtube di Indonesia juga memiliki program NextUp yang mana akan membantu kreator lokal untuk mengembangkan kapasitas juga keterampilan mereka dalam memproduksi sebuah video atau konten. Dengan meningkatnya kualitas kanal dan konten mereka, pada akhirnya berujung pada peningkatan jumlah subscriber. Youtube NextUp 2019 kali ini melibatkan dua belas Youtuber dari berbagai kategori konten, mulai dari motovlogger, review, DIY, musisi, kecantikan, hingga entertainment lokal.

Para kreator lokal yang terpilih masuk dalam Youtube NextUp 2019 dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. (NET/Albert Williancoen)

Kreator yang terpilih masuk ke NextUp 2019 ini berasal dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia mulai Medan, Bandung, Jakarta, Cirebon, Surabaya, bahkan dari Tabalong, Kalimantan Selatan dan Manokwari, Papua Barat. Salah satu pemenang Youtube NextUp adalah Adi Setiawan, youtuber dari Cirebon, Jawa Barat. Berawal dari kurangnya pendapatannya sebagai ojek online untuk membiayai kuliahnya, akhirnya Adi mendokumentasikan aktivitas hariannya sebagai pengemudi ojek online lengkap dengan percakapan dengan penumpangnya. "Beragam kisah dari percakapan dengan penumpang itu seru dan sayang jika tidak dibagi ke khalayak umum", ujar Adi yang memiliki akun youtube X Radar ini kepada NETZ.

Adi Setiawan, salah satu pemenang Youtube NextUp 2019 asal Cirebon dengan konten motovlogger di akun X Radar. (NET/Albert Williancoen)

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini menambahkan bahwa tidak semua percakapannya dengan penumpang tersebut ia edit dan upload ke Youtube. "Sebelumnya saya ijin dahulu kepada penumpang tersebut untuk menguploadnya ke media sosial, kalau tidak berkenan yah tidak apa-apa saya hormati permintannya." sambung Adi.

Rhia Lestari, kreator lokal asal Tabalong, Kalimantan Selatan yang menjadi salah satu pemenang Youtube NextUp 2019 dengan konten musikalisasi puisi di akun Rhia Lestari. (NET/Albert Williancoen)

Lain Adi lain pula Rhia, salah satu pemenang Youtube NextUp bernama lengkap Rhia Lestari ini memiliki konten unik berupa musikalisasi puisi. Berawal dari dari curhat karena patah hati di media sosial Instagram, kini akun Youtube Rhia Lestari telah memiliki lebih dari 100K subscriber yang menunggu kontennya diupload di kanal youtube setiap harinya. Inspirasi puisi Rhia tidak selalu datang dari dirinya, ada kalanya juga ia meminta ijin membaca puisi orang lain untuk kontennya. "Pada setiap konten yang aku buat selalu ada nama penulis dan lain-lainnya, biar gak ada yang ngaku-ngakuin tulisan orang kaya mana dan jelas sumbernya dari mana," ujar Rhia di arena Youtube Pop-Up, Selasa, 30 April 2019.

Suasana Youtube Pop-Up Jakarta di The Kasablanka, Mal Kota Kasablanka lanti 4, Jakarta Selatan. (NET/Albert Williancoen)

Pada gelaran Youtube Pop-Up Space kali ini Youtube tidak hanya memfasilitasi kreator dengan perlengkapan produksi profesional, namun juga menyediakan beragam workshop dan sesi diskusi dengan beberapa pakar. Ada tiga kelas yang dibuka dan dapat diikuti oleh para kreator berdasarkan jumlah subscriber pada kanal masing-masing. 

12 kreator lokal pemenang Youtube NextUp 2019 dari seluruh daerah di Indonesia berkumpul di The Kasablanka, Jakarta Selatan. (NET/Albert Williancoen)

Kelas pertama merupakan pelatihan monetisasi khusus untuk Youtuber dengan 100.000 subscriber (silver button) atau lebih dan para pemenang NextUp. Kelas kedua adalah youtuber level gold atau yang memiliki 10.000 hingga 1 juta subscriber dapat mengikuti pelatihan untuk memaksimalkan kanalnya sekaligus materi cara bekerja sama dengan brand ternama lewat konten-konten kreatif. Kelas ketiga atau terakhir adalah kelas pelatiha khusus bagi Youtuber dengan jumlah subscriber lebih dari 1 juta yang fokus pada kesejahteraaan jiwa individual dari para kreator, dimana mereka akan mendapatkan fasilitas berupa sesi diskusi dengan rekan-rekan sesama youtuber juga konsultasi dengan para pakar.

"Kami ingin terus mendukung dan memberdayakan para kreator ini. Bersama, kita dapat terus berkreasi dan menghasilkan konten untuk memajukan bangsa juga dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia, bahkan di seluruh dunia.” tutup Chris.

ALBERT WILLIANCOEN

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments