hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

26 April 2019, 12:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan buka suara terkait banjir yang merendam beberapa titik di ibu kota sejak Jumat pagi tadi. Menurutnya, banjir disebabkan air kiriman dari hulu, pasca naiknya debit air di Bendung Katulampa, Bogor. “Hujan disini tidak ada hujan yang luar biasa. Ini adalah contoh simulasi banjir karena kiriman,” ujar Anies.

Anies menegaskan bahwa banjir ini telah diantisipasi dengan menyiagakan petugas sejak Kamis malam. Anies juga memerintahkan seluruh walikota untuk turun ke lapangan memantau langsung daerah langganan banjir.

Petugas Damkar mengevakuasi warga terdampak banjir di kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, Jum'at (26/4/2019). Banjir akibat curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor itu mengakibatkan ratusan rumah di enam RT Kelurahan Rawajati terendam hingga mencapai ketinggian empat meter dan sejumlah warga diungsikan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Untuk mengatasi banjir kali ini, Anies menawarkan solusi untuk membangun bendungan baru. “Kita menerima dari hulu, disana hujannya deras karena itulah membangun DAM di hulu. Ada dua bendungan yang sekarang dibangun. Insya Allah bendungan itu selesai tahun ini,” kata Anies.

Adanya bendungan ini nantinya menurut Anies akan bisa mengontrol masuknya air ke Jakarta. Anies pun menargetkan bendungan ini selesai pada bulan Desember 2019.

Petugas Damkar mengevakuasi warga terdampak banjir di kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, Jum'at (26/4/2019). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Selain banjir kiriman, air juga membawa berbagai macam sampah ke Jakarta. Terkait hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta menyiagakan petugas hingga alat berat untuk melakukan pengerukan di pintu air Manggarai.

GINANJAR HANGGARAWAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments