hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

23 April 2019, 21:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Mantan dosen Universitas Indonesia, Rocky Gerung akhirnya hadir sebagai saksi dalam sidang ke-10 dengan terdakwa Ratna Sarumpaet, Selasa siang. Rocky hadir setelah dua kali tidak memenuhi panggilan. 

Usai bersumpah sebagai saksi, Rocky ditanya seputar kronologi bagaimana dirinya mengetahui adanya penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet hingga tanggapannya atas kasus penyebaran kebohongan tersebut.

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet (tengah) saat mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (23/4/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari dokter bedah plastik sekaligus penyanyi, Tompi, dan Rocky Gerung. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Rocky mengaku tidak memverifikasi berita karena percaya pada Ratna sebagai sesama aktivis. “Ada etika di antara aktivis untuk trust, karena kita berjuang untuk nilai yang lebih luas, keadilan, kejujuran. Jadi saya tidak perlu memverifikasi, karena saya tahu kita diatur oleh kode etik, kemudian saya menyesal. Ya sudah dia juga sudah minta maaf,” kata Rocky.

Saat mengetahui kebenaran yang sesungguhnya, ia pun merasa jengkel atas perilaku Ratna dan perilaku netizen yang menyudutkan dirinya seakan terlibat dalam pembohongan terhadap publik. “Saya jengkel karena saya di-bully terus seolah-olah saya bagian dari peristiwa itu,” tutur Rocky.

Penyanyi yang juga dokter bedah estetika Teuku Adifitrian atau Tompi (kanan) duduk bersama dengan Akademisi Rocky Gerung (kiri) sebelum memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (23/4/2019. Tompi dan  Rocky Gerung menjadi saksi fakta yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum atas dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks yang dilakukan Ratna Sarumpaet. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Dalam sidang ke-10 ini, JPU menghadirkan dua saksi fakta yakni Dokter Teuku Adifitrian atau Tompi dan Rocky Gerung. Selanjutnya terdakwa Ratna Sarumpaet akan menjalani sidang ke-11 pada Kamis 25 April 2019 dengan agenda mendengarkan saksi ahli yang dihadirkan oleh JPU.

AKASHA VIANDRI | LUTHER HUTAGAOL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments