hero
(NET)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

23 April 2019, 13:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Lemhanas menyatakan situasi negara dalam keadaan cukup tangguh meski sempat terjadi ketegangan pasca Pilpres 2019. Hal tersebut disampaikan Gubernur Lemhanas Letjen Purn. Agus Widjojo saat menggelar konferensi pers dengan tema menyikapi situasi terkini setelah Pemilu 2019 di kantor Lemhanas, Jakarta Pusat, Selasa siang.

Selain mengapresiasi keberhasilan penyelenggaraan pemilu serentak pada 17 April lalu yang telah berjalan kondusif, Agus juga memaparkan hasil kajian Laboratorium Lemhanas pasca pemilu. “Membuat instrumen laboratorium ketahanan nasional. Laboratorium ini berfungsi untuk mengukur ketahanan nasional yang mencakup segenap aspeknya,” ujar Agus.

Suasana konferensi pers Lemhanas tentang ketahanan nasional pasca Pemilu 2019 di Jakarta. (NET) 

Hasil kajian tersebut menyebut situasi negara saat ini dalam keadaan cukup tangguh dalam menghadapi berbagai dinamika. “Seberaja jauh akan menganggu stabilitas sosial, kita bagi lima tingkatan: kurang tangguh, tangguh, cukup tangguh, tangguh, dan sangat tangguh,” kata tenaga ahli Lemhanas, Profesor Dadan Umar Daihani.

Dadan kemudian memaparkan kesimpulan penelitian laboratorium Lemhanas. “Ternyata dari hasil lab uji kita kondisi kita saat ini cukup tangguh. Artinya dinamika dapat diatasi dengan baik. Walau ada tarik-menarik satu sama lain, jadi stabilitas itu bisa kita jaga dengan baik,” lanjut Dadan.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukung usai menyampaikan konferensi pers terkait perolehan hitung cepat pemilihan presiden 2019 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4/2019). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Dalam menghadapi kondisi pasca pemilu ini, Lemhanas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengambil tindakan yang konstruktif dan kondusif guna menghindari konflik sosial dan merajut kembali kesatuan bangsa. 

RENDIANTO 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments