hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 April 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Mungkin kita sering menonton film atau membaca cerita yang memiliki tokoh psikopat di dalamnya. Tapi, tahukah kamu ciri-ciri psikopat? Banyak hal yang dapat mengindikasikan seseorang adalah psikopat. Ini dia beberapa diantaranya:

 

1. Tidak memiliki emosi

Tidak memiliki emosi. (BRIGHTSIDE)

Menurut seorang ahli psikologi Scott Bonn, seorang psikopat tidak dapat mendeteksi kesedihan pada wajah seseorang tetapi mereka dapat menirukan respon emosional. Jadi ketika mereka melihat seseorang sedih mereka tetap dapat bereaksi seperti layaknya orang norma yang memberikan nasihat dan memeluk orang tersebut. Tetapi wajahnya enggak akan memunculkan emosi apapun.

2. Tidur sangat sebentar

Tidur sangat sebentar. (BRIGHTSIDE)

Beberapa studi menunjukkan bahwa seorang psikopat tidur lebih sebentar daripada orang biasa. Biasanya mereka hanya tidur sekitar 4-6 jam setiap malamnya. Penyebabnya adalah karena psikopat selalu merasa bersemangat yang membuat mereka sulit untuk tidur nyenyak. Selain itu, psikopat tidak akan merasa lelah secara emosional ketika mereka tidak cukup tidur.

3. Senang membuat orang merasa bersalah

Apakah teman kamu senang membuat orang merasa bersalah? (BRIGHTSIDE)

Seorang yang psikopat tidak pernah mengakui kesalahan mereka. Mereka senang memutarbalikkan kata-kata orang lain dan juga membuat situasi berbalik menguntungkan mereka.  Seringkali seorang psikopat juga memprovokasi untuk menunjukkan sisi buruk lawan bicaranya kepada orang lain. Alasannya, adalah karena mereka menyukainya.

4. Mereka kharismatik dan senang menjadi pusat perhatian

Salah satu ciri psikopat adalah senang jadi pusat perhatian. (BRIGHTSIDE)

Saat bertemu orang baru mereka ingin sekali dipuji dan melihat orang tersebut menunjukkan minat pada kehidupan mereka. Namun, sebenarnya psikopat hanya ingin anda menyukai mereka agar lebih mudah memanipulasi anda ke depannya. Menariknya, psikopat juga senang memasang topeng agar terlihat ramah.

5. Narsis

Hati-hati kalau punya teman narsis! (BRIGHTSIDE)

Psikopat senang memamerkan prestasi mereka dan mengingat kesalahan orang lain. Hal ini membuat mereka terlihat lebih baik dari yang sebenarnya dan akan lebih menarik perhatian.

6. Selalu berbohong

Berbohong menjadi salah satu yang sering dilakukan oleh psikopat. Mereka berbohong dengan tujuan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Seorang psikopat juga selalu memiliki alasan untuk berbohong. Menariknya lagi, mereka tidak khawatir bila kebohongan mereka diketahui seseorang, hal ini karena mereka dapat berbohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

7. Tidak bertanggung jawab

Tidak bertanggung jawab juga salah satu ciri psikopat. (BRIGHTSIDE)

Seorang psikopat tidak akan memperhatikan hal-hal buruk seputar perilaku mereka. Psikopat selalu mengkambinghitamkan orang lain atas kesalahan yang mereka lakukan. Seringkali mereka menolak bertanggung jawab atas tindakan mereka.

8. Selalu melanggar aturan

Selalu melanggar aturan juga salah satu indikasi seseorang adalah psikopat. Mereka selalu berpikir bahwa mereka jauh lebih baik dari segala jenis aturan. Tidak hanya melanggar mereka juga senang untuk mengajak orang lain melanggar aturan.

9. Suka membuat keributan di dunia maya

Seorang psikopat juga seringkali membuat kegaduhan di internet. Bahkan menurut Canadian Universities seseorang yang banyak menghabiskan waktu untuk online, menulis komentar dan interaksi lainnya via internet memiliki kemungkinan sebagai seorang psikopat.

BRIGHTSIDE | THE TELEGRAPH

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments