hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 April 2019, 08:45 WIB

INDONESIA

Kebiasaan buruk seringkali kita hindari karena mempercayai itu sebagai hal yang buruk, tidak sopan atau bahkan menimbulkan kesan buruk lainnya. Tetapi ternyata beberapa kebiasaan buruk yang kita kenal sehari-hari memiliki dampak yang positif loh, baik bagi kesehatan tubuh maupun psikologis kita.

 

 

1. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet.

Siapa sangka mengunyah permen karet ternyata dapat mengurangi stress loh. Bahkan, enggak hanya itu dengan mengunyah permen karet kamu juga dapat menambah kemampuan kamu dalam mengambil keputusan dan meningkatkan daya ingat. Berdasarkan studi, 24% orang yang mengunyah permen karet selama ujian memiliki performa yang lebih baik. Selain itu, 36% diantaranya juga memiliki daya ingat yang jauh lebih baik. Sedangkan, studi lainnya menunjukkan mengunyah permen karet akan mengurangi hormon Cortisol yang berperan terhadap reaksi stress.

2. Bermain Video Games

Main video games ternyata punya manfaat, loh. (BRIGHTSIDE)

Kalau selama ini kamu sering mendengar bermain catur dapat melatih dalam pengambilan keputusan, ternyata sama halnya dengan bermain video game loh. Dibuktikan oleh sebuah penelitiaan, ternyata aksi cepat dan gambar yang muncul membantu otak kita untuk mengambil data sensoris dan mengubahnya menjadi pengambilan keputusan yang benar. Selain itu, strategi yang diterapkan dalam video games juga menambah kemampuan belajar loh.

3. Berantakan

Berantakan dan enggak rapi, nyatanya bisa memicu kreatifitas. (BRIGHTSIDE)

Tahukah kamu ternyata berantakan menunjukkan kreativitas yang tersembunyi. Berdasarkan sebuah eksperimen yang dilakukan Kathleen Vohs di Universitas Carlson menunjukkan peserta dengan ruangan yang berantakan memproduksi lebih banyak ide kreatif.

4. Bangun Lebih Siang

Sesekali bangun siang enggak apa-aoa kok. (BRIGHTSIDE)

Kesan pemalas selalu melekat pada orang yang bangun tidur di siang hari. Tapi ternyata ini tidak sepenuhnya benar.  Justru menurut sebuah penelitian bangun terlalu pagi dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan cenderung mengalami pengerasan pembuluh darah, serangan jantung bahkan hipertensi.

5. Sendawa

Sendawa mengeluarkan gas penyebab sakit perut. (BRIGHTSIDE)

Bersendawa biasanya akan menimbulkan kesan jorok dan tidak sopan. Namun ternyata sendawa adalah bagian normal dari proses pencernaan. Selain itu, sendawa juga membantu untuk mengeluarkan gas yang dapat menyebabkan sakit perut  serta membantu untuk menjaga kesehatan lambung.

6. Menunda Mandi

Menunda mandi bermanfaat untuk kulit. (BRIGHTSIDE)

Kebiasaan satu ini lagi-lagi akan membuat kamu terlihat jorok yaitu menunda mandi. Menunda mandi sesekali ternyata boleh saja dilakukan karena dapat melembutkan kulit dan menjaga bakteri baik. Menariknya, menurut sebuah studi, mandi setiap hari bisa membuat kulit kamu kering loh dan parahnya lagi memicu kerutan. Selain itu, mandi menggunakan sabun setiap hari juga membuat bakteri baik yang berperan sebagai antibiotik alami tubuh kita menghilang.

7. Menggunakan Media Sosial

Main medsos juga bisa membuat kamu bahagia. (BRIGHTSIDE)

Media Sosial seringkali dianggap sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu dan mengurangi produktivitas. Pernyataan tersebut bisa saja benar apabila kamu menggunakannya terlalu sering. Namun, di sisi lain media sosial memiliki dampak yang positif untuk kesehatan psikologis loh. Ternyata, media sosial membantu kita untuk mengurangi rasa terisolasi dan lebih terkoneksi dengan lingkungan sosial kita. Tentu saja ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan dukungan emosional dari teman sebaya kita.

8. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin untuk meningkatkan sistem imun. (BRIGHTSIDE)

Kalau kamu berpikir mandi dengan air dingin dapat membuat kamu sakit, coba dipikir lagi deh. Faktanya air dingin dapat melancarkan sirkulasi darah dan menarikanya lagi dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu keuntungan lain dari mandi air dingin adalah dapat mengaktifkan pembakaran lemak.

BRIGHTSIDE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments